Pengaruh Keberagaman Produk Terhadap Impulse Buying Di Mr Diy Plaza Citra Pekanbaru

Penulis

  • Afrizal Afrizal Universitas Islam Riau
  • Mutiara Sari Universitas Islam Riau

Kata Kunci:

Keberagaman Produk, Impulse Buying

Abstrak

Pada penelitian kali ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menanalisis pengaruh keberagaman produk terhadap Impulse Buying di MR DIY Plaza Citra Pekanbaru dengan menggunakan dua variable yaitu variable Keberagaman Produk (X) dengan variable Impulse Buying (Y). Indikator dari variabel keragaman produk yakni variasi merk produk, variasi kelengkapan produk dan variasi kualitas produk dan indikator impulse buying yakni pembelian spontan, Tidak dapat menolak keinginan, Pembelian tanpa berfikir akibat. Pada penelitian kali ini jenis penelitian menggunkan survey deskriptif dengan metode kuantitatif yang dimana peneliti mendapatkan data dengan cara datang langsung kelokasi untuk mengamati tempat penelitian. Teknik penarikan sample yang digunakan adalah Teknik incidental sampling berdasarkan pendapat roscoe dengan total sampe 30 responden. Kemudian varabel keberagaman produk (X) nilai thitung > ttabel = 3.213 > 2.048 dengan nilai signifikan thitung < ttabel 0,003 < 0,024. Variabel keberagama (X) secara persial berpengaruh terhadap variabel Impulse Buying (Y) pada MR DIY Plaza Citra Pekanbaru debgan dibuktikannya analisis secara statistik. untuk hasil uji yang dilakukan memperoleh bahwa hasil variable keberagaman produk mempengaruhi impulse buying di MR DIY Plaza Citra Pekanbaru sebesar 26,9% dan sisanya 73,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini seperti: Diskon, promosi, harga, lokasi, kulitas produk, kualitas pelayanan dan sebagainya. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Afrizal Afrizal, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Mutiara Sari, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Referensi

Amar Sani , Andi. Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem Volume 20 Nomor 3, September - Desember 2020. Budi Prayitno. Pengaruh Penetapan Harga, Diskon, Keragaman Produk, Keramahan, Tata Ruang, Dan Tempat Parkir Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Jadi. Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, Vol. 1 No.2, Agustus 2003:177 D. R., & Faisal. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan in-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Giant Ekstra Banjar. Sains Manajemen Dan Kewirausahaan . Dinda Dwi Marsella, M. Taufik, Hartono. Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian di Butik Nabila Lumajang. Jurnal Oranisasi dan bisnis managemen. Vol.2 No.4 Bulan Juni Tahun 2020. Fahmi, Irham. Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis. Bandung: Alfabeta. 2019. Fatma Citra Febriana. Pengaruh Suasana Toko, Keragaman Produk, Dan Harga Terhadap Impulse Buying Pada Toko Kompas Ngronggo Kota Kediri. Simki-Economic Vol. 01 No. 11 Tahun 2017. Gede Reydi, Wayan. Efek Keragaman Produk dan Harga Produk terhadap Impulse Buying. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, Vol. 11 No.1, Januari-April 2021 Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press. Irma Septiana. Pengaruh Sales Promotion, Product Quality, Dan Hedonic Behavior Pada Impulse Buying. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 9 No. 2 Tahun 2021. Jenni Anggraeni, Patricia Dhiana Paramita, M Mukery Warso. Pengaruh Keanekaragaman Produk, Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Dap Impulse Buying Di Butik Cassanova Semarang. Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016. Melda, Eti Arini, Ade Tiara Yulinda. Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Etrepreneur dan Manajemen Sains. Vol.1 No.2 Juli 2020. Nurmasari dan Zulkifli. 2015. Pengantar Manajemen. Pekanbaru: Marpoyan tujuh. Rahmatika Sari. Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia tahun 2020 Sarah Fauziah, Rose Rahmidani. Pengaruh Promosi Penjualan dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying Produk Fashion. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang Ekonomi Vol. 4 No.1 tahun 2021 Sari, W. M., Agus, P., & Rahman, F. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, san Merchandise terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Ramayana Department Store). Jurnal Ilmiah Magister Managemen. tahun 2015 Septian Wahyudi. Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying. Jurnal Valuta Vol. 3 No 2, Oktober 2017. Sopiah dan Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Andi. Sumarwan, Ujang dkk 2011. RISET PEMASARAN DAN KONSUMEN: Panduan Riset dan Kajian: Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas, dan Presepsi Risiko. Bogor: PT Penerbit ITB Press. Susilawati, E., & Wahdiniwaty. Pengaruh Kepribadian Dan Harga Terhadap Impulse Buying Di Toko Buku Bandung Book Center Pada Produk Novel Wilayah Bandung. Jurnal Ilmiah Magister Managemen. tahun 2015

Diterbitkan

2023-12-01

Terbitan

Bagian

Articles