Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Pada Toko Akar Sari Cosmetics Pekanbaru

Authors

  • Ristama Betaria Universitas Islam Riau
  • Eka Komalasari Universitas Islam Riau

Keywords:

Electronic Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu Electronic Word of Mouth sebagai variabel bebas (X) dan Keputusan Pembelian sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian di Shopee Toko Akar Sari Cosmetics Pekanbaru. Hipotesis penelitian ini yakni terdapat pengaruh dari electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian di Shopee Toko Akar Sari Cosmetics Pekanbaru. Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu melalui observasi, kuesioner, wawancara, dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik penarikan sampel Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Kemudian teknik pengolahan data yang digunakan penelitian ini dengan software SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode statistic regresi linear sederhana Y = 24,791 + 1,044X menunjukkan bahwa pengaruh electronic word of mouth (X) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah positif. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis Uji t sebesar 7,191 dengan signifikan 0,001. Didapati ttabel sebesar 1,985 yang berarti thitung > ttabel (7,191 > 1,985). Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dengan kata lain variabel bebas (X) secara parsial berpengaruh terhadap variabel terikat (Y). dan pada uji koefisien determinasi (R2) disimpulkan bahwa R2 sebesar 0,355 atau 35,5%. Artinya variabel electronic word of mouth mempengaruhi keputusan pembelian di Shopee Toko Akar Sari Cosmetics Pekanbaru sebesar 35,5% dan 64,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti promosi, produk, harga, pelayanan, lokasi. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ristama Betaria, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Eka Komalasari, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

References

Ali Hasan. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta : Media Pressindo. Dewi, N. S., & Sudiksa, I. B. (2019). PERAN Dewi, N. S., & Sudiksa, I. B. (2019). PERAN KEPERCAYAAN MEREK MEMEDIASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(6), 3784. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i06.p18KEPERCAYAAN MEREK MEM. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(6), 3784. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i06.p18 Dr. M. Anang Firmansyah, S.E., M. . (2020). KOMUNIKASI PEMASARAN. Ikhsan, R. F., Devi, A., & Kosim, A. M. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Rumah Makan Pecak Hj. Sadiyah Cilodong Depok. In El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.47467/elmal.v3i1.329 Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta : Erlangga. Marliani, L. (2018). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Galuh, 5(4), 17–18. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/1743/1407 Nur, D. S., Octavia, A., Magister, P., Feb, M., & Jambi, U. (2022). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA JAMBI. Jurnal ManajemenTerapan Dan Keuangan (Mankeu), 11(02). Priambodo, G., & Subyanto, M. (2017). Peran Komunikasi Word of Mouth Tradisional dan Electronic Word of Mouth terhadap Merek. Jurnal Komunikologi, 14(1), 8–17. Ramadhika Dwi Poetra. (2019). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24. Samuel. (2017). Pengaruh Keragaman Produk Terhadap kepuasan Pelanggan. Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. http://eprints.kwikkiangie.ac.id/989/3/78160433 - SAMUEL - bab 2.pdf Sangadji, Etta Mamang Dan Sopiah. 2018. Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI Sari, N., Saputra, M., Husein, J., & Id, M. C. (2017). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ONLINE BUKALAPAK.COM. In Jurnal Manajemen Magister (Vol. 03, Issue 01). Sari, V. M. (2012). Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) di Social Media Twitter Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Restoran Holycowsteak). In Jurnal FISIP Universitas Indonesia (Vol. 1, Issue 1). Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta. Sujarweni, Wiratna. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogjakarta Wangsa I Rahanatha GYasa N et al. (2022). PROMOSI PENJUALAN UNTUK MEMBANGUN ELECTRONIC WORD OF MOUTH. Lakeisha. Zhang, J. Q., Craciun, G., & Shin, D. (2010). When does electronic word-of-mouth matter? A study of consumer product reviews. Journal of Business Research, 63(12), 1336–1341. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2009.12.011

Downloads

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles