Pengaruh Air Ekstrak Limbah Udang dan Nutrisi AB Mix terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Pagoda (Brassica narinosa) dengan Ssistem Budidaya Hidroponik Sistem Sumbu (wick)

  • Muhamad Budiwansah Universitas Islam Riau
  • Maizar Universitas Islam Riau
Keywords: air limbah udang, nutrisi AB Mix, sawi pagoda, hidroponik sistem sumbu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi konsentrasi air ekstrak limbah udang dan dosis nutrisi AB mix terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi pagoda dengan menggunakan hidroponik sistem sumbu (wick). Penelitian ini menggunakan Rancang Acak Lengkap (RAL) Faktorial yang terdiri dari 2 faktor, dimana faktor pertama ialah konsentrasi air ekstrak limbah udangĀ  yang terdiri dari 4 taraf yaitu: 0, 50, 100, dan 150 ml/l air dan faktor kedua yaitu dosis nutrisi AB mix terdiri dari 4 taraf yaitu: 0, 700, 1000, dan 1200 ppm/tanaman, sehingga didapat 16 kombinasi perlakuan. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), luas daun (cm2), berat basah ekonomis (g), dan volume akar (cm3) tanaman sawi pagoda. Data hasil pengamatan, dianalisis secara statistik dan diuji lanjut BNJ pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi air ekstrak limbah udang dan dosis nutrisi AB mix tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), luas daun (cm2), berat basah ekonomis (g), dan volume akar (cm3) tanaman sawi pagoda. Namun air ekstrak limbah udang dan nutrisi AB mix menunjukkan pengaruh utama yang nyata terhadap tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), luas daun (cm2), berat basah ekonomis (g), dan volume akar (cm3) tanaman sawi pagoda. Perlakuan terbaik adalah pada konsentrasi perlakuan air ekstrak limbah udang sebanyak 150 ml/l air, dan dosis nutrisi AB mix sebesar 1200 ppm.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-01
How to Cite
Budiwansah, M., & Maizar. (2021). Pengaruh Air Ekstrak Limbah Udang dan Nutrisi AB Mix terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Pagoda (Brassica narinosa) dengan Ssistem Budidaya Hidroponik Sistem Sumbu (wick). Jurnal Agroteknologi Agribisnis Dan Akuakultur, 1(1), 31-40. https://doi.org/10.25299/jomaaa.v1i1.7356
Abstract viewed = 25 times
pdf downloaded = 27 times