Pengaruh Kompos Titonia dan Pupuk Grand-K terhadap Pertumbuhan serta Produksi Tanaman Bawang Dayak (Eleutherine americana Merr.)

  • Asih Pangestuti Universitas Islam Riau
  • Siti Zahrah Universitas Islam Riau
Keywords: kompos titonia, pupuk grand-k, bawang dayak, Eleutherine americana Merr.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi dan utama kompos titonia dan pupuk Grand-K terhadap pertumbuhan serta produksi bawang dayak. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap faktorial dengan dua faktor, dan dilakukan 3 kali ulangan.  Faktor pertama adalah dosis kompos titonia (T) yang terdiri dari 4 taraf yaitu 0, 0,5, 1,0, dan 1,5 kg/plot. Faktor kedua adalah dosis pupuk Grand-K (G) yang terdiri dari 4 taraf yaitu 0, 5, 10 dan 15 g/plot. Parameter yang diamati adalah laju pertumbuhan relatif (LPR) (g/hari), tinggi tanaman (cm), jumlah umbi per rumpun (umbi), berat umbi basah per rumpun (g), berat umbi kering per rumpun (g) dan persentase susut umbi (%). Data pengamatan terakhir dianalisis secara statistik dan dilanjutkan dengan uji lanjut BNJ pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: interaksi kompos titonia dan pupuk Grand-K berpengaruh nyata terhadap jumlah umbi per rumpun, berat basah umbi per rumpun dan berat kering umbi per rumpun. Perlakuan terbaik adalah kombinasi perlakuan kompos titonia 1,5 kg/plot dan pupuk Grand-K 10 g/plot (T3G2) atau kombinasi perlakuan kompos titonia 1,5 kg/plot dan pupuk Grand-K 15 g/plot (T3G3). Pengaruh utama kompos titonia nyata terhadap semua parameter pengamatan dengan perlakuan terbaik adalah dosis 1,5 kg/plot (T3). Pengaruh utama dosis pupuk pupuk Grand-K nyata terhadap semua parameter pengamatan dengan perlakuan terbaik adalah (G2) dosis 10 g/plot atau (G3) dosis 15 g/plot.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-01
How to Cite
Pangestuti, A., & Zahrah, S. (2021). Pengaruh Kompos Titonia dan Pupuk Grand-K terhadap Pertumbuhan serta Produksi Tanaman Bawang Dayak (Eleutherine americana Merr.). Jurnal Agroteknologi Agribisnis Dan Akuakultur, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.25299/jomaaa.v1i1.7350
Abstract viewed = 11 times
pdf downloaded = 14 times