Pengaruh Kompos Kotoran Kambing dan Kompos Ampas Kelapa terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kedelai Edamame (Glycine max L. Merr)

Authors

  • Andria Kresma Vidiatama
  • Elfis Elfis

DOI:

https://doi.org/10.25299/jaaa.v4i2.18907

Abstract

Edamame merupakan tanaman potensial yang perlu dikembangkan karena memiliki peluang pasar eksport yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi dan pengaruh utama kompos kotoran kambing dan kompos ampas kelapa terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai edamame (Glycine max L. Merr). Penelitian dilaksanakan dikebun percobaan Universitas Islam Riau, Pekanbaru, dalam waktu selama 5 bulan terhitung dari Mei sampai September 2023. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor. Faktor pertama adalah Kompos Kotoran Kambing dengan 4 taraf perlakuan yaitu 0, 400, 800 dan 1200 g per plot. Faktor kedua Kompos Ampas Kelapa terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu 0, 150, 300 dan 450 g per plot. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, diameter batang, umur berbunga, umur panen, jumlah polong pertanaman, persentase polong bernas, berat polong pertanaman, jumlah biji pertanaman. Data pengamatan dianalisis secara statistik dan dilakukan dengan Uji Lanjut Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan secara interaksi pemberian kompos kotoran kambing dan kompos ampas kelapa berpengaruh nyata terhadap parameter diameter batang, umur berbunga, umur panen, jumlah polong pertanaman, persentase polong bernas, berat polong pertanaman dan jumlah biji pertanaman. Perlakuan terbaik adalah pada kombinasi perlakuan kompos kotoran kambing 1200 g per plot dan kompos ampas kelapa 450 g per plot. Perlakuan utama kompos kotoran kambing berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan. Perlakuan terbaik yaitu 1200 g per plot. Perlakuan utama kompos ampas kelapa berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan. Perlakuan terbaik yaitu 450 g per plot.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-24

How to Cite

Vidiatama, A. K., & Elfis, E. (2024). Pengaruh Kompos Kotoran Kambing dan Kompos Ampas Kelapa terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kedelai Edamame (Glycine max L. Merr). Jurnal Agroteknologi Agribisnis Dan Akuakultur, 4(2), 201–216. https://doi.org/10.25299/jaaa.v4i2.18907