Pengaruh Konsentrasi Pupuk Eco Farming Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Beberapa Varietas Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.)

Authors

  • Rafif Pebri Lizta
  • Fathurrahman Fathurrahman

DOI:

https://doi.org/10.25299/jaaa.v4i2.18695

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi maupun utama konsentrasi pupuk eco farming terhadap pertumbuhan dan hasil beberapa varietas kacang tanah. Penelitian telah dilaksanankan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau, Jalan Kaharudin Nasution KM 113, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah empat bulan terhitung dari bulan Maret sampai bulan Juni 2021. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah faktor konsentrasi pupuk Eco Farming yang terdiri dari 4 taraf dan kedua ialah faktor varietas kacang tanah  yang terdiri dari 4 taraf perlakuan perlakuan sehingga diperoleh 16 kombinasi perlakuan. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, umur berbunga, umur panen, jumlah polong, berat polong per tanaman, dan persentase polong bernas. Data hasil pengamatan diuji statistik dan dilanjutkan dengan BNJ taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh interaksi penggunaan berbagai varietas tanaman kacang tanah dan pupuk eco farming berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, umur berbunga, dan persentase polong bernas. Perlakuan terbaik yaitu kombinasi penggunaan konsentrasi pupuk eco farming 300 ml dan varietas Tala 1. Pengaruh utama konsentrasi pupuk eco farming berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan. Perlakuan terbaik yaitu konsentrasi pupuk eco farming dosis 100 ml. Pengaruh utama penggunaan berbagai varietas tanaman kacang tanah berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan. Perlakuan terbaik yaitu penggunaan varietas Tala 1.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-24

How to Cite

Pebri Lizta, R., & Fathurrahman, F. (2024). Pengaruh Konsentrasi Pupuk Eco Farming Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Beberapa Varietas Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.). Jurnal Agroteknologi Agribisnis Dan Akuakultur, 4(2), 119–128. https://doi.org/10.25299/jaaa.v4i2.18695