Pengaruh Limbah Cangkang Telur Ayam dan Limbah CPO terhadap Pertumbuhan serta Produksi Tanaman Seledri (Apium graveolens L.)

Authors

  • Davit Sinurat Universitas Islam Riau
  • Hasan Basri Jumin Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jaaa.v4i1.16447

Keywords:

cangkang telur ayam, limbah CPO, laju asimilasi bersih, laju pertumbuhan relatif, seledri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh utama limbah cagkang telur ayam dan limbah cpo terhadap pertumbuhan serta produksi tanaman seledri. Telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau, Jalan Kaharuddin Nasution Km 11 No.113. Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan dari November sampai Febuari 2023.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap Faktorial, terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah dosis Limbah Cangkang Telur Ayam terdiri dari 4 taraf yaitu 0, 7,5, 15 dan 22,5 g/polybag. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, laju asimilasi bersih, laju pertumbuhan relatif, jumlah batang, jumlah anakan, berat basah tanaman dan volume akar. Data pengamatan dianalisis secara statistic dan dilakukan dengan Uji Lanjut Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5 %. Hasil penelitian menunjukkan interaksi pemberian Cangkang Telur Ayam dan Limbah CPO memberikan pengaruh nyata terhadap semua parameter dengan kombinasi terbaik konsentrasi Cangkang Telur Ayam nyata terhadap semua parameter pengamatan. Perlakuan terbaik cangkang telur ayam 22,5 g/polybag. Pengaruh utama dosis Limbah CPO nyata terhadap semua parameter pengamatan. Perlakuan terbaik adalah dosis Limbah CPO 300 ml/polybag.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-02-29

How to Cite

Sinurat, D., & Jumin, H. B. (2024). Pengaruh Limbah Cangkang Telur Ayam dan Limbah CPO terhadap Pertumbuhan serta Produksi Tanaman Seledri (Apium graveolens L.). Jurnal Agroteknologi Agribisnis Dan Akuakultur, 4(1), 61–75. https://doi.org/10.25299/jaaa.v4i1.16447