Pengaruh Bokashi Batang Pisang dan Pupuk KCl Terhadap Pertumbuhan Serta Produksi Tanaman Terung Ungu (Solanum melongena L)

Authors

  • Dimas Ridho Syahputra, Elfis Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jaaa.v3i2.13974

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi maupun pengaruh utama bokashi batang pisang dan pupuk KCl terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman terung ungu. Penelitian ini telah dilaksanakan dikebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau, Jalan Kaharuddin Nasution, Km 11. No.13, Pekanbaru. Penelitian berlangsung selama 4 bulan dimulai dari Februari sampai Mei 2021. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial, terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah bokashi batang pisang (B) yang terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu, 0, 20, 40 dan 60 g/polybag. Faktor kedua adalah pupuk KCl (P) yang terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu 0, 10, 15, dan 20 g/polybag. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, umur berbunga, jumlah daun, jumlah cabang produktif, jumlah buah pertanaman, panjang buah pertanaman, berat segar buah pertanaman, berat basah tanaman dan berat kering tanaman. Data pengamatan dianalisis statistik dan dilanjutkan dengan uji BNJ Bada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh interaksi pemberian bokashi batang pisang dan pupuk KCl berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, umur berbunga, jumlah daun, panjang buah pertanaman, berat segar buah pertanaman, berat basah tanaman dan berat kering tanaman. Perlakuan terbaik bokashi batang pisang 60 g/polybag dan pupuk KCl 20 g/polybag. Pengaruh utama bokashi batang pisang berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan dengan dosis terbaik 60 g/polybag. Pengaruh utama pupuk KCl berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan dengan dosis terbaik 20 g/polybag.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Dimas Ridho Syahputra, Elfis. (2023). Pengaruh Bokashi Batang Pisang dan Pupuk KCl Terhadap Pertumbuhan Serta Produksi Tanaman Terung Ungu (Solanum melongena L) . Jurnal Agroteknologi Agribisnis Dan Akuakultur, 3(2), 131–145. https://doi.org/10.25299/jaaa.v3i2.13974