Respon Pertumbuhan Setek Sirih Merah (Piper crocatum) terhadap Berbagai Komposisi Media Tanam dan Konsentrasi IBA (Indole Butyric Acid)

Authors

  • Asrima Asrima Universitas Islam Riau
  • Siti Zahrah Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jaaa.v3i1.12270

Keywords:

sirih merah, kompos, tepung sekam, pukan ayam, IBA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi maupun utama respon pertumbuhan setek sirih merah (Piper crocatum) pada berbagaik media tanam dan konsentrasi IBA (Indole Butyric Acid)”. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau.Selama 4 bulan terhitung bulan Januari 2021–April 2021.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh interaksi berbagaikomposisi media tanam dan konsentrasi IBA dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman setek sirih merah. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yangterdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah berbagai komposisi media tanam terdiri dari 4 taraf yaitu tanah+pasir (1:1), tanah+pasir+kompos (1:1:1), tanah+pasir+pukan ayam (1:1:1), tanah+pasir+tepung sekam (1:1:1). Faktor kedua adalah konsentrasi IBAterdiri dari 4 taraf yaitu 0, 500, 1000, 1500 ppm. Parameter yang diamati :umur muncul tunas, persentase setek hidup, panjang tanaman, jumlah daun total, lebar daun, panjang daun, luas daun, jumlah ruas, panjang ruas internodus, jumlah tunas. Data dianalisis secara statistik dan dilanjutkan dengan uji lanjut Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa interaksi berbagai komposisi media tanam dan konsentrasiIBA nyata terhadap semua parameter pengamatan, kecuali parameter persentase setek hidup dan jumlah ruas tanaman setek sirih merah. Perlakuan terbaik adalah kombinasi media tanam pukan ayam dan konsentrasi IBA 1000 ppm. Pengaruh utama berbagai komposisi media tanam nyata terhadap semua parameter pengamatan dengan perlakuan terbaik adalah campuran tanah + pasir + pukan ayam. Pengaruh utama berbagai konsentrasi hormon IBA nyata terhadap semua parameter pengamatan dengan perlakuan terbaik konsentrasi 1000 ppm.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-01-01

How to Cite

Asrima, A., & Zahrah, S. (2023). Respon Pertumbuhan Setek Sirih Merah (Piper crocatum) terhadap Berbagai Komposisi Media Tanam dan Konsentrasi IBA (Indole Butyric Acid). Jurnal Agroteknologi Agribisnis Dan Akuakultur, 3(1), 39–52. https://doi.org/10.25299/jaaa.v3i1.12270