Pengaruh Bokashi Batang Pisang dan Pupuk KCl terhadap Pertumbuhan serta Produksi Tanaman Buncis Tegak (Phaseolus vulgaris L.)

Authors

  • Andi Kasim Sosa Hasibuan Universitas Islam Riau
  • Zulkifli Zulkifli Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jaaa.v3i1.12268

Keywords:

buncis tegak, bokashi batang pisang, pupuk KCl

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemupukan Bokashi Batang Pisang dan KCl terhadap tanaman buncis tegak baik secara interaksi maupun utama. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah dosis Bokashi Batang Pisang 0, 1, 2, 3 kg/plot dan KCl dosis 0, 7,5, 15, 22,5 g/plot. Dengan demikian diperoleh 16 kombinasi perlakuan dengan tiga kali ulangan, sehingga terdapat 48 satuan percobaan. Pada setiap plot terdapat 6 tanaman dengan 3 tanaman sebagai sampel yang ditentukan secara acak. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, umur berbunga, jumlah cabang produktif, umur panen, jumlah polong per tanaman, berat polong per tanaman, panjang polong per tanaman dan jumlah polong yang tersisa. Data hasil pengamatan setiap perlakuan dianalisis secara statistik dan dilanjutkan dengan uji beda nyata jujur (BNJ) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara Bokashi Batang Pisang dan pupuk KCl berpengaruh nyata terhadap parameter pengamatan tinggi tanaman, jumlah cabang produktif dan panjang polong. Perlakuan terbaik adalah pemberian bokashi batang pisang 2 kg/plot dan KCl 15 g/plot (B2K2). Pengaruh utama bokashi batang pisang berpengaruh nyata pada semua parameter yang diamati. Perlakuan terbaik adalah pemberian bokashi batang pisang 2 kg/plot (B2). Pengaruh utama pupuk KCl berpengaruh nyata terhadap semua parameter yang diamati. Perlakuan terbaik adalah pemberian KCl 15 g/plot (K2).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-01-01

How to Cite

Hasibuan, A. K. S., & Zulkifli, Z. (2023). Pengaruh Bokashi Batang Pisang dan Pupuk KCl terhadap Pertumbuhan serta Produksi Tanaman Buncis Tegak (Phaseolus vulgaris L.). Jurnal Agroteknologi Agribisnis Dan Akuakultur, 3(1), 14–28. https://doi.org/10.25299/jaaa.v3i1.12268