Aplikasi Berbagai Jenis ZPT dan Pemangkasan Daun Entres terhadap Pertumbuhan Sambung Pucuk Durian Bawor (Durio zibethinus)

Authors

  • Ali Wibowo Universitas Islam Riau
  • Siti Zahrah Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jaaa.v2i1.11247

Keywords:

Durian bawor, jenis ZPT, pemangkasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi maupun utama aplikasi berbagai jenis ZPT dan pemangkasan daun entres terhadap pertumbuhan sambung pucuk durian bawor. Penelitian ini dilaksanakan dikebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau Pekanbaru dari November 2020 sampai Januari 2021. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap 2 faktorial. Faktor utama adalah tanpa ZPT, Atonik 2 cc/l, Hormax 4 cc/l dan Growtone 6 g/l. Faktor kedua yaitu pemangkasan daun entres 0, 1, 2 dan 3 daun entres sehingga diperoleh 16 kombinasi perlakuan. Setiap kombinasi perlakuan terdiri dari 3 ulangan, sehingga diperoleh 48 satuan percobaan. Parameter yang diamati adalah persentase sambungan hidup, waktu pecah tunas, pertambahan panjang tunas, jumlah daun dan jumlah tangkai daun. Data pengamatan dianalisis statistik dan dilanjutkan dengan uji BNJ pada taraf 5%. Hasil menunjukkan bahwa secara interaksi berbagai jenis ZPT dan pemangaksan daun entres nyata terhadap waktu pecah tunas. Kombinasi perlakuan terbaik adalah Growtone 6 g/l dan pemangkasan 3 daun entres (Z3P3). Pengaruh utama berbagai jenis ZPT nyata terhadap semua parameter. Perlakuan terbaik adalah Growtone 6 g/ (Z3). Pengaruh utama pemangkasan daun entres nyata terhadap semua parameter. Perlakuan terbaik adalah pemangkasan 3 helai (N3).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-01

How to Cite

Wibowo, A. ., & Zahrah, S. (2022). Aplikasi Berbagai Jenis ZPT dan Pemangkasan Daun Entres terhadap Pertumbuhan Sambung Pucuk Durian Bawor (Durio zibethinus). Jurnal Agroteknologi Agribisnis Dan Akuakultur, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.25299/jaaa.v2i1.11247