Pengaruh Abu Sekam Padi dan Pupuk Ultradap terhadap Pertumbuhan serta Produksi Tanaman Kacang Panjang Renek (Vigna unguiculata var. sesquipedalis)

Authors

  • Rahmat Ilahi Universitas Islam Riau
  • Tengku Edy Sabli Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jaaa.v2i2.11197

Keywords:

Kacang panjang renek, abu sekam padi, Pupuk ultradap

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pengaruh interaksi serta pengaruh utama Abu Sekam Padi dan Pupuk Ultradap terhadap pertumbuhan dan hasil produksi  tanaman kacang panjang renek (Vigna unguiculate var sesguapedalis). Penelitian ini telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau, Jalan Kaharuddin Nasution KM. 11, No. 113, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau. Penelitian ini berlangsung selama 4 bulan, terhitung dari mulai bulan Januari – April 2021. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) secara Faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama Adalah Abu Sekam Padi yang terdiri 4 taraf yaitu 0, 37.5, 75, 112.5 g dan faktor kedua adalah pupuk Ultradap terdiri dari 4 taraf yaitu 0, 5, 10, 15 g/plot sehingga diperoleh 16 kombinasi perlakuan dengan 3 ulangan, sehingga terdapat 48 plot percobaan. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, umur berbunga, umur panen, jumlah polong,  panjang polong, berat polong dan jumlah polong sisa. Data dianalisis secara statistik dan dilanjutkan BNJ taraf 5%. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa Pengaruh interaksi dari Abu Sekam Padi dan pupuk ultradap berpengaruh terhadap parameter jumlah polong pertanaman. Dimana kombinasi perlakuan terbaik pada abu sekam padi 112,5 g/tanaman dan pupuk ultradap 15 g/plot. Pengaruh utama Abu Sekam Padi  berpengaruh terhadap parameter tinggi tanaman, umur berbunga, umur panen, panjang polong, berat polong, dan jumlah polong sisa 112,5 g/tanaman. Pengaruh utama Pupuk Ultradap  berpengaruterhadap parameter umur berbunga, umur panen, berat polong, dan jumlah polong sisa 15 g/plot.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-07-01

How to Cite

Ilahi, R., & Sabli, T. E. (2022). Pengaruh Abu Sekam Padi dan Pupuk Ultradap terhadap Pertumbuhan serta Produksi Tanaman Kacang Panjang Renek (Vigna unguiculata var. sesquipedalis). Jurnal Agroteknologi Agribisnis Dan Akuakultur, 2(2), 126–135. https://doi.org/10.25299/jaaa.v2i2.11197