Strategi Pemberdayaan Kepemudaan Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Kedah

Indonesia

Penulis

  • Arif Rahman Hakim Universitas Islam Riau
  • Imam Hanafi Universitas Islam Riau
  • Zuliana Azwa Zulkifli Universiti Utara Malaysia
  • Adwa Mardiah Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/berdaya.2024.14860

Kata Kunci:

Pemberdayaan, Kepemudaan, Perekonomian

Abstrak

Peningkatan perekonomian masyarakat Malaysia terutama di Negeri Kedah melalui pemberdayaan kepemudaan masih ditenggarai memiliki beberapa permasalahan padahal peningkatan ekonomi dengan melibatkan kepemudaan sangat berperan untuk pembangunan jangka Panjang. Pengembangan kualitas, keterampilan, kepribadian serta kecakapan kepemudaaan jelas tidak bisa dicapai dengan hanya mengikuti pendidikan formal, tetapi dapat dilakukan melalui bentuk pemberdayaan kepemudaan dengan wadah organisasi atau kegiatan lainnya. Peningkatan ekonomi masyarakat di Kedah dengan pemberdayaan kepemudaan difokuskan melihat strategi yang tepat dalam pelaksanaan kedepan. Pelaksanaan peningkatan ekonomi masyarakat di Kedah sejauh ini belum berhasil dan membutuhkan peninjauan kembali terkait strategi yang digunakan. Hal ini disebabkan pemerataan sosialisasi pemerataan kinerja kepemudaan dan tingginya penolakan terhadap usia muda. Koordinasi kemitraan strategis antara pemerintah, swasta dan kepemudaan di Kedah dengan bantuan dalam bentuk dana dan peluang usaha sejauh ini masih belum berjalan secara efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, N. (1990). Manajemen Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Astatia Damaiska. (2012). Analisis Pemberdayaan Organisasi Kepemudaan Nasional yang Bersekretariat di DKI Jakarta Pasca Terbitnya Undang – Undang Kepemudaan Nomor 40 Tahun 2009. Universitas Indonesia.

Basri, M. Chatib. 2012. Rumah Ekonomi Rumah Budaya. Cet. 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dewanata, P., & Syaifullah, C. (2008). Rekonstruksi Pemuda. Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Harry Hikmat. 2004. Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Bandung : Humainora

Hasan, Muhammad. 2018. “PEMBINAAN EKONOMI KREATIF DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN EKONOMI.” Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 1 (1): 81–86

Kemenpora. (2009). Rencana Aksi Nasional Kepemudaan. Jakarta: Kemenpora.

Mardikanto dan Soebianto, 2013. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta.

Nugroho, Riant. (2008). Public Policy. Jakarta : Alex Media Komputindo

Prijono, O., & Pranarka, A. (1996). Pemberdayaan Konsep, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Centre Of Strategic and International Studies (CSIS).

Riza, R., & Roesmidi. (2006). Pemberdayaan Masyarakat. Sumedang: Alqaprint Jatinangor.

Roebyantho, H., & Padmiati, E. (2004). Pemberdayaan Jaringan Pranata Sosial Dalam Penguatan Ketahanan Sosial Masyarakat. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 37.

Sulistiyani, A. T. (2004). Kemitraan dan Model Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gaya Media.

Soetomo. 2013. Pemberdayaan Masyarakat, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Zulkarnain. 2003. Membangun Ekonomi Rakyat : Persepsi Tentang Pemberdayaan. Yogyakarta : Adicipta

Diterbitkan

2024-02-18

Cara Mengutip

Hakim, A. R., Hanafi, I., Zuliana Azwa, Z. A., & Mardiah, A. (2024). Strategi Pemberdayaan Kepemudaan Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Kedah: Indonesia. BERDAYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01 (April), 41–45. https://doi.org/10.25299/berdaya.2024.14860