PENDAMPINGAN PENYELENGGRAAN PEMERINTAHAN KAMPUNG DI NEGERI KEDAH MALAYSIA DALAM PELESTARIAN ADAT

Authors

  • Data Wardana Universitas Islam Riau
  • Raden Imam Al Hafiz Hafiz Universitas Islam Riau
  • Za’im Ahmad Ahmad Universiti Utara Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.25299/berdaya.2024.14861

Keywords:

pemerintahan kampung, pelestarian adat, Malaysia

Abstract

Memahami desa, maka tidak terlepas dari memahami hukum adat yang hidup dalam masyarakat desa dan berkembang serta dilestarikan oleh masyarakat desa sebagai bagian kehidupan masyarakat desa. Pengakuan terhadap desa dan hukum adat sejatinya tercermin dengan lahirnya peraturan pemerintah tentang desa dan kemdian diatur kembali oleh aturan yang lebih tinggi yaitu peraturan perundang-undangan. Indonesia dan Malaysia memiliki kesamaan kebudayaan dari sisi Bahasa, makanan dan kegiatan keagamaan. Sistem penyelenggraan pemerintahan kampung memiliki kesamaan jika melihat dari pendekatan social budaya kedua bangsa serumpun. Keggiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan desa dengan kesatuan masyarakat hukum adat di Indonesia kepada kampung di Kenegerian Kedah Malaysia. Memberikan pendampingan penyelenggaraan pemerintahan kampung di Kenegrian Kedah Malaysia agar memperhatikan nilai-nilai adat yang berlaku ditengah masyarakat. Memeberikan pemahan bagai aparatur pemerintahan kampung di Kenegrian Kedah Malaysia tentang penyelenggraan pemerintahan Kampung. Luaran dari kegiatan ini dapat menjedi referensi bahan ajar dan artikel pada jurnal nasional. Rencana kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan anggota mitra dai Universitas Utara Malaysia. Hasil pelaskanaan pengabdian bahwa masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan kenegerian Kedah dapat meningkatkan pemahan akan pelestarian adat budaya dan meningkatkan potensi pengembangan sector wisata berbasia budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bintaro, R 1979. Metode Analisa Geografi. Jakarta: LP3ES Campbel, Tom. 1994. Tujuh Teori Sosial. Skesta Penilaian dan Perbandingan. Jakarta: Gramedia.

Garna, Judistira K. 1996. Ilmu-Ilmu Sosial Dasar Konsep-konsep Posisi. Bandung: Program Pascasarjana UNPAD.

Gobyah, I. Ketut. 2003. Berpijak pada Kearifan Lokal. Bali Pos.4 September

Lee, L. (2018). Malay culture & minority cultures: performing Malay on’Senario’ (Doctoral dissertation, SOAS University of London).

Rusli, R. (2019). Study of Islamic Thought in Islam Malay Archipelago: Social Studies, Intellectualism and Contextual Cultures. The Journal of Social Sciences Research, 5(2), 543-550.

Hodkinson, P. (2016). Media, culture and society: An introduction. Sage.

Downloads

Published

18-02-2024

How to Cite

Wardana, D., Hafiz, R. I. A. H., & Ahmad, Z. A. (2024). PENDAMPINGAN PENYELENGGRAAN PEMERINTAHAN KAMPUNG DI NEGERI KEDAH MALAYSIA DALAM PELESTARIAN ADAT. BERDAYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01 (April), 52–57. https://doi.org/10.25299/berdaya.2024.14861