Pengelolaan laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 11 Bengkulu Utara

Pengelolaan laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 11 Bengkulu Utara

Authors

  • Apriza Fitriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Desilia Safitri Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2022.9818

Keywords:

Management Science Laboratory Junior High School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan laboratorium IPA yang meliputi (1) desain layout laboratorium (2) fasilitas penunjang fisik, fasilitas penunjang lingkungan, fasilitas penunjang keamanan (3) ragam kebutuhan laboratorium dan ukuran laboratorium (4) penyusunan alat laboratorium (5) adminitrasi laboratorium. Metode yang di gunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain layout laboratorium belum memenuhi standar laboratorium yang baik, (2) fasilitas penunjang fisik, fasilitas penunjang lingkungan, fasilitas penunjang keamanan masih belum sesuai dengan fasilitas penunjang laboratorium pada umumnya, (3) ragam kebutuhan laboratorium dan ukuran laboratorium masih belum memadai, (4) penyusunan alat laboratorium masih belum sesuai dengan aturan pengelolaan laboratorium, (5) adminitrasi laboratorium belum berjalan secara intensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gusnani, Y., Chiar, M., & Sukmawati. (2019). Pengelolaan Laboratorium IPA di Madrasah Tsanawiyah. Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 2(1).
Nahdiyaturrahmah, Pujani, N. M., & Selamet, K. (2020). Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Smp Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2).
Nurhayati, Zuhra, F., & Septiani. (2020). Peningkatan Kompetensi Calon Guru Ipa Melalui Pelatihan Pengelolaan Laboratorium. Journal of Character Education Society, 3(3).
Rahmiyati, S. (2013). KEEFEKTIFAN PEMANFAATAN LABORATORIUM DI MADRASAH ALIYAH YOGYAKARTA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.21831/pep.v11i1.1420
Senta, P., & Neolaka, A. (2014). Pengelolaan Laboratorium IPA Studi di SMP Negeri 80 Jakarta Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2).
Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1). https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380
Wirjosoemarto, K., Adisendjaja, Y. H., Supriatno, B. Riandi. 2002. Teknik Laboratorium. Bandung: UPI.
Zahara, N., & Agustina, E. (2019). Pemanfaatan dan Pengelolaan Laboratorium bagi Guru IPA di Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta Aceh Besar. Prosiding Biotik, 6(1).
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan.

Published

2022-06-30

How to Cite

Apriza Fitriani, & Safitri, D. . (2022). Pengelolaan laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 11 Bengkulu Utara: Pengelolaan laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 11 Bengkulu Utara. Biology and Education Journal, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.25299/baej.2022.9818