Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Terintegrasi Iman dan Taqwa pada Materi Pokok Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI SMA/MA di Pekanbaru

Authors

  • Merry Novaliza Universitas Islam Riau
  • Siti Robiah Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2021.14405

Keywords:

Pengembangan, Powtoon, Imtaq, Sistem Ekskresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dalam bentuk media pembelajaran Powtoon yang terintegrasi dengan Imtaq pada materi sistem ekskresi untuk siswa sekolah kelas XI. Produk yang dihasilkan dalam bentuk CD pembelajaran biologi yang telah melewati tiga tahap pengembangan yaitu Analisis, Desain dan Pengembangan. Produk ini diuji pada 30 siswa di mana subjek dipilih melalui teknik purposive sampling yang diambil dari SMA 1 Muhammadiyah Pekanbaru, SMA Al-Azhar Syifa Budhi Pekanbaru dan MAN 2 Pekanbaru. Media pembelajaran divalidasi oleh ahli media, ahli materi, ahli Imtaq, dan guru. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat valid dengan persentase rata-rata 93,06%, ahli materi sangat valid dengan persentase rata-rata 93,75%dan ahli Imtaq menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dengan persentase rata-rata 87,50%. Hasil validasi oleh tiga guru menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran dengan persentase rata-rata 95%. Media pembelajaran yang dikembangkan menerima tanggapan yang sangat baik dari peserta didik dari 3 sekolah dengan rata-rata tanggapan siswa 94,03% dengan kategori yang sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa produk berupa media pembelajaran Powtoon Terintegrasi Imtaq pada materi sistem ekskresi untuk siswa kelas XI SMA dikategorikan sangat valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adkhar, B.I. 2016. Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Disd Labschool UNNES. Skripsi. FKIP, Pend, Kurikulum dan Teknologi. Universitas Negeri Semarang.

Andrianti, Y., Susanti., & Hudaidah. 2016. Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual Pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Criksetra. Vol. 5 No. 9. Diambil dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/criksetra/article/download/4802/2548, pada tanggal Februari 2016. (Diakses, 06 Februari 2019)

Agustina. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Terintegrasi Dengan Imtaq Pada Materi Pokok Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Siswa Kelas XI Di Kota Pekanbaru. Skripsi. FKIP, Pend, Biologi. Universitas Islam Riau.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Asyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azra, A (2012). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasidi Tengah Tantangan Millenium III, Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Inovatif. Bandung: PT. Yrama Widya.

Depdiknas. 2006. Pedoman memilih dan menyusun bahan ajar. Jakarta: depdiknas.

Dewi, T.I. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Terintegrasi Dengan Imtaq Pada Materi Pokok Sistem Sirkulasi Untuk Siswa Kelas XI Di Kota Pekanbaru. Skripsi. FKIP, Pend, Biologi. Universitas Islam Riau.

Elfis. 2015. Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi (Edisi Revisi 2015). Pekanbaru: FKIP Universitas Islam Riau

Fajar, S., Riyana., & Hanoum. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Jurnal Edutcehnologia.Vol. 03 No. 02. Diambil dari http://ejournl.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/download/8957/pdf_1, pada tangg-al Agustus 2017, (Diakses, 10 Februari 2019)

Graham, Bruce. (2015). Power Up Your Powtoon Studio Project. Birmingham: Packt Publishing

Hidayati, N. 2013. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Unesa. Diambil dari https://jurnalmaha siswa.unesa.ac.id/index.php/jpa k/article/do wnload/3683/6262, pada tanggal Agustus 2013, (Diakses, 17 Agustus 2019)

Jatiningtias, N.H. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial di SMP Negeri 15 Semarang. Skripsi. FKIP, Pend, Kurikulum dan Teknologi. Universitas Negeri Semarang.

Komariah, S., Azmi., & Gloria. 2015. Penerapan Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology, Society) Dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Imtaq Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Sma Negeri 8 Kota Cirebon. Jurnal Scientiae Educatia. Vol. 05 No. 01. Diambil dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.ph/sceducatia/article/view/481/410, pada tahun 2015, (Diakses, 01 Februari 2019)

Kusprimanto. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Materi Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas V di SDN Pundung, Girirejo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Abstrak Hasil Penelitian UNY Yokgyakarta. Yogyakarta: Prodi PGSD UNY

Maesyarah, I.A. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon Pada Materi Dinamika untuk Siswa Kelas X. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam. Vol 37 No.01. Diambil dari http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/Anida/article/view/31, pada tanggal 1 Juni 2012. (Diakses, 10 Februari 2019)

Nurdianysah, E., Faisal., & Sulkipani. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PowToon Pada Perkuliahan Pendidikan Kewaganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. Vol. 15 No. 01. Diambil dari http://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/16875/pdf, pada tanggal 31 Mei 2018. (Diakses, 06 Februari 2019)

Pangestu, M.D., & Wafa. Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter untuk Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.11 No.01. Diambil dari htt p://journal2.um.ac.id/index.php /jpe/article/view/3129/1982, pada tanggal 15 Maret 2018. (Diakses, 06 Februari 2019)

P.Ferdinan, F dan Ariebowo. 2009. Praktis Belajar Biologi untuk Kelas XI Sekeolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Purwanto, 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, N. 2012. Research & Development. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Restiyani, R. Juanengsih, N. & Herlanti, Y. 2014. Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran oleh Guru Biologi. Jurnal EDUSAINS. Vol VI No 01. Diambil dari http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/download/1100/977, (Diakses, 17 Agustus 2019)

Riduwan, 2014. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Robiah. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Terintegrasi Imtaq untuk SMA/MA. Disertasi. FKIP, Pend, Agama Islam. Universitas Islam Negeri (UIN) Pekanbaru.

Shaleh, H.M.A. 2006. Taqwa: Makna dan Hikmahnya Dalam Al-Qur’an. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Spitalnik, I. 2013. The Power Of Cartoon Marketing. Chief Executive Unicorn

Sudjana, N. & Rivai, A. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2013. Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Published

2021-10-12

How to Cite

Novaliza, M., & Robiah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Terintegrasi Iman dan Taqwa pada Materi Pokok Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI SMA/MA di Pekanbaru. Biology and Education Journal, 1–13. https://doi.org/10.25299/baej.2021.14405

Issue

Section

Articles