Blended Learning dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA: Sebuah Meta-Analisis

Authors

  • Magfira Herman Universitas Negeri Makassar
  • Andi Rahmat Saleh Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2023.13071

Keywords:

Pembelajaran Biologi, Pendekatan Meta-Analisis, Blended Learning

Abstract

Penerapan blended learning dalam pembelajaran biologi di tingkat SMA di Indonesia perlu dikaji lebih mendalam untuk memahami efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan meta-analisis untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai studi sebelumnya yang telah dilakukan mengenai penggunaan blended learning dalam pembelajaran biologi di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai efektivitas penerapan blended learning dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa SMA di Indonesia. Artikel jurnal yang digunakan sebagai sumber data penelitian ini berasal dari database Google Scholar dengan menggunakan kriteria-kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Sebanyak 6 artikel dari jurnal dalam 5 tahun terakhir (2019-2023) terpilih sebagai subjek penelitian. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa penerapan blended learning secara keseluruhan memiliki effect size rata-rata sebesar 1.121, yang menandakan bahwa blended learning memiliki pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar biologi siswa. Dalam pelaksanaannya, ditemukan bahwa blended learning memiliki pengaruh tertinggi pada tingkatan kelas X dengan rata-rata effect size 1.866. Materi biologi yang paling efektif diajarkan menggunakan blended learning adalah materi klasifikasi makhluk hidup dengan rata-rata effect size 2.003, dan platform berbasis website seperti e-learning sekolah digunakan sebagai platform utama dengan rata-rata effect size 1.410. Berdasarkan hasil analisis ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan blended learning dalam pembelajaran biologi di SMA dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada tingkatan kelas X, materi klasifikasi makhluk hidup, dan menggunakan platform berbasis website sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, A. (2017). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(2), 225-238.

Arifin, N., Abrar, A., & Arif, S. M. (2019). Penggunaan Blended learning Pada Pembelajaran Biologi. PROSIDING SEMINAR NASIONALBIOLOGI (pp. 569-575). Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES (pp. 299-303). Semarang: Pascasarjana UNNES.

Asyhari, A. (2021). Pengaruh Blended learning Berbasis Elektronik Modul pada Materi Ekosistem Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MA NU Mazro'atul Huda Karanganyar Demak. Jurnal Pro-Life, 8(3), 239-249.

Awal , R., Sari, E., & Rahmadhan, R. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi di Kelas XI SMA Islam Terpadu Bangkinang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pembelajaran Biologi, 1(2), 69-75.

Dara Sari, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA MAN 3 Medan Pada Materi Virus Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Biology Education, Science, and Technology, 5(1), 225-230.

Dewi, S. P., & Widodo, A. (2017). Analisis Konsepsi Siswa dalam Materi Sistem Respirasi. Seminar Nasional Pendidikan IPA. 1, pp. 361-368. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Fauziah, N., Mustofa, R. F., & Ali, M. (2022). Pengaruh Blended learning Menggunakan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Biologi (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Pada Materi Sistem Ekskresi). Symbiotic: Journal of Biological Education, 3(2), 90-101.

Febriani Desti, Y. A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning. JSPB BIOEDUSAINS, 1(2), 30-37.

Khoiroh, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Gumukmas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97-110. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.13986

Kurniasari, W., Murtono, & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended. Jurnal Educatio, 7(1), 141-148.

Kusumayanti, A. (2021). Blended learning Berbasis Platform: Strategi Pembelajaran Efektif Untuk Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Al asma: Journal of Islamic Education, 3(2), 263-274.

Lashley, Y. G. (2014). Integrating computer technology in the Teaching of Biology. Internatioanal Journal of Biology Education, 3(2), 14-30. DOI: https://doi.org/10.20876/ijobed.93986

Mahariyanti, E., & Hadi, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Blended learning dengan Platform Quipper School. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 911-220.

Maisarah, I., Aziz, A. A., & Pagarra, H. (2022). Pengaruh Penerapan Model Blended learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Biology Teaching and Learning, 5(1), 43-50.

Mansur, N. (2015). Pencapaian Hasil Belajar ditinjau dari Sikap Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 3(2), 108-115.

Muzanayati, A., Prastowo, A., & Triwulandari, R. (2022). Analisis Media Berbasis Web E-Learningpada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1966-1974.

Noerhandayani, T., Suhara, S., & Solihat, R. (2021). Penggunaan POE-Inquiry Melalui Blended learning Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Materi Sistem Respirasi. Indonesian Journal of Biology Education, 4(1), 44-49.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Paldam, M. (2015). Meta-Analysis in a Nutshell: Techniques andGeneral Findings. Economics: The Open-Access, Open-Assessment E-Journa, 9, 1-14. DOI: https://doi.org/10.5018/economics-ejournal.ja.2015-11

Purba, D. D., Manalu, K., & Sya'rawi, M. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Kelas X IPA MAN 3 Medan Pada Mata Virus Di Masa Pandemi Covid-19. Best Journal (Biology Education, Sains and Technolog, 5(1), 225-230.

Raida, S. A. (2018). Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa. Journal Of Biology Education, 1(2), 210-222.

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta. Yogyakarta: Parama Publishing.

Sani, Y., Sari, N. F., & Harahap, R. D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Biologi Di Kelas XI SMA Muhammadiyah-Rantauprapat. Journal Of Management Analytical and Solution, 1(3), 13-20.

Surya, B. J. (2019). Pengaruh Metode Blended Learningberbasis Web Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas X SMA Negeri 1 Secanggang Langkat. Jurnal Biolokus, 2(1), 171-174.

Triyanti, M. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Berbasis Blended learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Literasi Sains, dan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 4 Rejang Lebong. LJSE: Linggau Journal Science Education, 2(1), 67-76.

Zahro, A., & Amruzain, A. (2021). Student Responses in using E-learning Platforms for Biology SubjectsClass XI SMA and MA State Semarang Cityin the Covid-19 Pandemic Era. 5(2), 87-98.

Zulfa, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended learning dan Outcome Based Education terhadap Kemampuan Literasi Sains Biologi Siswa di SMAN 7 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 559-564.

Published

2023-06-28

How to Cite

Herman, M., & Andi Rahmat Saleh. (2023). Blended Learning dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA: Sebuah Meta-Analisis. Biology and Education Journal, 3(1), 37–49. https://doi.org/10.25299/baej.2023.13071