Think Pair Share: Sebuah Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi pada Materi Jaringan Tumbuhan di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pagaran Tapah Darussalam Semester Ganjil TP. 2022/2023

Authors

  • Suri Yustini SMAN 1 Pagaran Tapah Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2023.12461

Keywords:

Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Think Pair Share (TPS)

Abstract

Pendidikan abad 21 dilaksanakan dengan memperkuat proses pembelajaran yang student centered sehingga peserta didik harus memiliki kecakapan memecahkan masalah, berpikir kritis, kolaborasi, dan kecakapan berkomunikasi. Kecakapan yang perlu dikembangkan pada peserta didik SMA Negeri 1 Pagaran Tapah Darussalam adalah berpikir kritis karena hasil analisis karakteristik peserta didik kelas XI menunjukkan bahwa tingkat keterampilan berpikir kritis yang rendah, peserta didik belum mampu membuat kesimpulan dari data yang disajikan dalam bentuk gambar, tabel maupun grafik yang berdampak pada hasil belajar yang belum mencapai KKM. Perbaikan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis dilakukan dengan model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XI SMAN 1 Pagaran Tapah Darussalam pada materi Jaringan Tumbuhan. Instrument pengumpul data yang digunakan terdiri atas tes berbentuk objektif dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk mengukur Keterampilan Berpikir Kritis peserta didik dan Lembar Pengamatan Keterlaksanaan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatatn hasil belajar  biologi pada Materi Jaringan Tumbuhan peserta didik melalui Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Think Pair Share (TPS) di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pagaran Tapah Darussalam Semester Ganjil TP 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Crismasanti, Yoseffin Dhian dan Tri Nova Hasti Yunianta. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Tipe Soal Openended Pada Materi Pecahan. Artikel Satya Widya, Vol. 33, No. 1, 75-85. Diakses 11 November 2022, dari Universitas Kristen Satya Wacana. DOI: https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p73-83

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Fraenkel, JR dkk. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth edition. New York: McGraw-Hill.

Mu’minah, Iim Halimatul. (2021). Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021 dengan Tema “System Thinking Skills dalam Upaya Transformasi Pembelajaran di Era Society 5.0”. Diakses 11 November 2022, dari Universitas Majalengka.

Muthoharoh, N. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif" Think Pair Share" terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Purwanto. (2004). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Sadipun, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDI ENDE 14. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 11-16.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Suhaeni, (2015). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Dinamika, Vol. 06. No. 1 ISSN 2087-7889, 25-33. Diakses 12 November 2022, dari Universitas Cokroaminoto Palopo.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Landasan Psikologi proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Published

2023-06-28

How to Cite

Yustini, S. (2023). Think Pair Share: Sebuah Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi pada Materi Jaringan Tumbuhan di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pagaran Tapah Darussalam Semester Ganjil TP. 2022/2023. Biology and Education Journal, 3(1), 50–64. https://doi.org/10.25299/baej.2023.12461