Pengembangan Buku Pegangan Biologi dengan Metode Mnemonik Tipe Akrostik untuk Kelas VIII SMP/MTS Materi Struktur Tumbuhan dan Teknis Penerapannya.

Authors

  • Muhammad Darus UNIVERSITAS RIAU
  • Imam Mahadi
  • Wan Syafi’I

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2022.11050

Keywords:

Pengembangan, buku saku, mnemonic, akrostik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat buku catatan bioteknik dengan teknik acrostic mnemonic di kelas VIII SMP/MT, dan untuk mengetahui hasil verifikator dan validasi guru serta respon siswa terhadap buku catatan bioteknik. Kami mengambil pendekatan kualitatif dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Untuk penelitian ini, model penelitian R&D yang dipilih adalah ADDIE dan terdiri dari:Analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Namun, penelitian ini baru mencapai tahap pengembangan. Jenis data dan alat pengumpulan data adalah lembar wawancara dan lembar angket. Beberapa reviewer yang menilai kualitas buku ini adalah dua ahli materi dan dua ahli media. Untuk praktisi pendidikan, beliau memiliki dua orang guru dari dua sekolah yang berbeda yaitu, MTs Al-Munawwarah (1) dan SMP As-Said (1). Dalam tes kelompok kecil, peneliti menyuruhnya bersekolah di dua sekolah, masing-masing dengan 10 siswanya, dan tes kinerja dilakukan di sekolah dengan 10 siswanya. Hasil penelitian ini masuk dalam kategori sangat layak berdasarkan kriteria kelayakan yang dinilai oleh validator. Berdasarkan hasil uji ahli materi persentasenya 84,15%, ahli media 88,19%, guru 88,54%, dan siswa 88,44%, semuanya masuk kategori sangat baik. Tes praktik menunjukkan skor 88,72% yang termasuk kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian Validator, respon guru dan siswa, Buku Panduan Mnemonic Kelas VIII SMP/MTs Materi Struktur Tumbuhan dan Pemanfaatannya dalam Teknologi sangat cocok untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA Kelas VIII. Aku disini. SMP/MT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ardika, Y., & Sardjana, A. (2016). Efektivitas Metode Mnemonik Ditinjau Dari Daya Ingat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kelas X. Kreano. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5006

Arsanti. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter . Universitas Islam Sultan Agung. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan . Saintifika Islamica.

Jailani, M. S., & Hamid, A. (2016). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar Optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai)) . Nadwa. DOI: https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.2.1284

Kholik, A., Aliyyah, R. R., Widyasari, & Nasution, S. A. (2017). Pengantar Ilmu Pendidikan . Bogor: Unida Press.

Kisworo. (2017). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Prinsip-Prinsip Pendidikan Orang. Journal Of Nonformal Education.

Maizan. (2017). Teknik Mnemonik Sebagai Strategi Kognitif Dalam Meningkatkan Keupayaan Ingatan Pelajar Peringkat Pengajian Pra-U: Sorotan Kajian Lepas. Npreus.

Masita, M., & Wulandari, D. (2018). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran Ipa . Kreatif.

Yeoh, M. P. (2015). Musical Mnemonics To Facilitate Learning Of Matriculation Biology: Light-Dependent Reactions Of Photosynthesis . Pertanika.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Darus, M. ., Mahadi, I. ., & Syafi’I, W. . (2022). Pengembangan Buku Pegangan Biologi dengan Metode Mnemonik Tipe Akrostik untuk Kelas VIII SMP/MTS Materi Struktur Tumbuhan dan Teknis Penerapannya. Biology and Education Journal, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.25299/baej.2022.11050