PELAKSANAAN REMIDIAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DI SMA WIDYA GRAHA YKWI PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.25299/peka.2015.vol1(006).9868Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Widya Graha YKWI Pekanbaru. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pemberian bantuan remedial teaching pada mata pelajaran ekonomi di SMA Widya Graha YKWI Pekanbaru. (3) Untuk mengetahui evaluasi dan tindak lanjut remedial teaching pada mata pelajaran ekonomi di SMA Widya Graha YKWI Pekanbaru. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS dan siswa. Objek penelitiannya adalah pelaksanaan remedial di SMA Widya Graha YKWI Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman 1994. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pelaksanaan remedial mata pelajaran ekonomi, karena ada prinsip-prinsip remedial yang belum terpenuhi, kemudian kelonggaran kepala sekolah dalam melakukan monitoring dan evaluasi dari proses remedial tersebut.
Kata Kunci: Pelaksanaan Remidial Teaching