PENGARUH TINGKAT PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA YLPI PEKANBARU

Authors

  • Lasmaida Yanti
  • Zakir Has

DOI:

https://doi.org/10.25299/peka.2020.vol8(1).6687

Abstract

  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat percaya diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA YLPI Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksplanatori dengan sampel adalah siswa kelas X IPS SMA YLPI yang berjumlah 67 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa tingkat percaya diri siswa SMA YLPI Pekanbaru berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini diketahui dari nilai thitung yang lebih besar dari ttabel atau 10,651 > 2,970 dengan tingkat signifikansi 0,000 > α = 0,05. Besarnya pengaruh tingkat percaya diri terhadap prestasi belajar adalah sebesar 59,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Lasmaida Yanti, & Zakir Has. (2020). PENGARUH TINGKAT PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA YLPI PEKANBARU . PEKA, 8(1). https://doi.org/10.25299/peka.2020.vol8(1).6687

Issue

Section

Articles