PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OBSERVASI LAPANGAN (OUTDOR STUDY) PADA MATA KULIAH MANAJEMEN OPERASIONAL (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda)

  • Kiki Joesyiana

Abstract

Abstrak

Penelitian ini di lakukan bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan  menganalisis penerapan dari metode pembelajaran observasi untuk mata kuliah manajemen operasi pada mahasiswa jurusan manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode observasi terhadap pemahaman mahasiswa dengan langsung terjun melihat proses operasional pabrik ke lapangan. Sampel penelitian  adalah mahasiswa jurusan manajemen semester III pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda yang mengambil mata kuliah  manajemen operasional yang di tentukan secara purposive sampling.  Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan mahasiswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan  proses pemahaman mahasiswa mengalami peningkatan dengan adanya metode observasi yang langsung terjun ke lapangan mengamati proses operasional pabrik. Aktivitas belajar mahasiswa mengalami peningkatan karena dengan metode observasi mahasiswa merasa dapat menambah ilmu dan pengalaman langsung di lapangan.Dan banyak mahasiswa yang memberikan tanggapan positif terhadap penerapan metode observasi. Dengan demikian, penerapan metode observasi berpengaruh signifikan dalam meningkatkan proses pemahaman mahasiswa dan aktivitas belajar mahasiswa pada materi pokok Manajemen Operasional.

 

Kata Kunci: Observasi Lapangan, Penerapan Metode Pembelajaran, Aktifitas Belajar, Manajemen Operasional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-28
How to Cite
Joesyiana, K. (2018). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OBSERVASI LAPANGAN (OUTDOR STUDY) PADA MATA KULIAH MANAJEMEN OPERASIONAL (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda). PEKA, 6(2), 90-103. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2740
Section
Articles
Abstract viewed = 59 times
Pdf downloaded = 80 times