PENGAPLIKASIAN POHON LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI EKONOMI PESERTA DIDIK SMP BUDI KARYA NATAR
DOI:
https://doi.org/10.25299/peka.2024.vol12(1).17636Keywords:
Penerapan, Ekonomi, Pohon Literasi.Abstract
Literasi merupakan fondasi dalam kehidupan Siswa. Kemampuan literasi tidak hanya dapat dilakukan di dalam ruang kelas namun keterampilan ini juga dapat di dapatkan dari luar kelas. Penerapan media pembelajaran pohon literasi ekonomi dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi ekonomi terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara bertahap setelah dilaksanakan kegiatan literasi dengan mengaplikasikan pohon literasi di SMP Budi karya Natar.
Downloads
References
Ahmadiyanto. (n.d.). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6, (2).
Arikunto, S. (n.d.). Metodologi Penelitian. Bina Aksara.
Hamdani, D. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference. 16(1).
Ihwanudin, N., Maulida, S., Fatriansyah, A. I. A., Rahayu, S. S., Rahman, M. R. R., Fachri, S., Rijal, K., Agrosamdhyo, R., Senjiati, I. H., Isnandar, F. R., & Jiwantar, F. A. (2020). Pengantar Perbankan Syariah (Konsep, Regulasi & Praktis). In Konsep Ekonomi Dan Perbankan Dalam Islam.
Jihad, A., & Haris, A. (20113). Evaluasi Pembelajaran. Multi Presindo.
Linda, W. (n.d.). Peningkatan Literasi Di Sekolah Dasar (1 st ed,). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Mahrunnisya, D. (2023). Keterampilan Pembelajar Di Abad Ke-21. Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2, 1.
Muttaqin, I., Rini, R., & Fatriansyah, A. I. A. (2020). Efisiensi Bank Umum Syariah Di Indonesia Dengan Pendekatan Three Stages Frontier Analysis. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 8(2), 115–129. https://doi.org/10.35836/jakis.v8i2.119
Nugraheni, A. I. N. dan N. M. U. (n.d.). Upaya Peningkatan Budaya Literasi Pada Peserta Didik Dengan Sastra Populer Karya Andrea Hirata. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5, (1).
Nugroho, L., Fajarsari, I. M., Solikin, A., Yusdita, E. E., Fatriansyah, A. I. A., Irwanto, I., Atiningsih, S., Susilawati, N., Gainau, P. C., Hippy, M. Z., Rahmadi, H., Januarsi, Y., & Faisol, I. A. (2023). Metodologi Penelitian Akuntansi dan Praktik Penulisan Artikel Bidang Akuntansi. In Cv Widina Media Utama.
Nurfadhillah, S, D. (n.d.). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa S D Negeri Kohod III. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial., 3, 2.
Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6, 2.
Saleh, D. (2023). Media Pembelajaran. Eureka Media Aksara.
Sartika, R. (n.d.). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Min Sei Mati Medan. Jurnal ANSIRU., 3, 1.
Savitri, A.S, D. (n.d.). Peran Strategi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13, 2.
Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.
Winata. (2019). Pembelajaran dengan Media Pohon Literasi. CV Jejak.