PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • aisyah Universitas Siliwangi
  • Gugum Gumilar
  • Ati Sadiah

DOI:

https://doi.org/10.25299/peka.2024.vol12(1).17574

Keywords:

Problem Based Learning, Mind Mapping, Critical thinking

Abstract

Model problem based learning sering kali digunakan dalam peningkatan keterampilan critical think peserta didik. Namun, dalam tahapan pembelajaran model tersebut masih dikatakan kurang optimal dalam penerapannya. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan menggabungkan model serta metode dalam proses pembelajaran yaitu dengan penggabungan model problem based learning dengan metode mind mapping pada kelas XI di SMA Negeri 10 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI-8 dan XI-10 yang terdiri dari 60 siswa. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan peningkatan critical thinking peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas control, hal itu terbukti dengan  hasil posttest menunjukkan kelas eksperimen yang diberi perlakuan yang berbeda lebih tinggi yaitu 86.00 dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol yaitu 80.43. Dari data sig.(2-tailed) diperoleh nilai yaitu 0.001 < dari 0.05 maka dinyatakan Ha diterima. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perubahan dan pengaruh yang signifikan lebih baik serta efektif dalam penggunaan model problem based learning (PBL) dengan metode mind mapping dibandingkan pada model pembelajaran direct learning (konvensional).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dari buku dan junal

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35

Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2018, 323–328.

Br Sipayung, A. J., Susanti, R., & Dewi, N. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Gerak Pada Manusia. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 8(1), 219–233. https://doi.org/10.26877/bioma.v8i1.4680

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 597–602.

Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, R. R. I. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).

Linda, Z., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. In Erzatama Karya Abadi (Issue August).

Rieschka, M. N. (2020). Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 1499–1505. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Widiyono. (2021). Mind Mapping Strategi Yang Menyenangkan. In Lima Aksara.

Zulaikah, Z., Herpratiwi, H., & Nurwahidin, M. (2023). Efektifitas Digital Education Card Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1258–1267. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5001

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

aisyah, Gugum Gumilar, & Ati Sadiah. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. PEKA, 12(1), 14–22. https://doi.org/10.25299/peka.2024.vol12(1).17574

Issue

Section

Articles