PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA MA DIPONEGORO BANDUNG TULUNGAGUNG

Authors

  • Eny Susilowati MA Diponegoro Bandung

DOI:

https://doi.org/10.25299/peka.2023.vol11(1).13085

Keywords:

Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi, Model Cooperative script

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi materi perkoperasian pada siswa kelas X MA Diponegoro Bandung Tulungagung. Hipotesis penelitian ini adalah jika model pembelajaran cooperative script diterapkan dalam proses pembelajaran maka hasil belajar ekonomi materi perkoperasian pada siswa kelas X MA Diponegoro Bandung Tulungagung akan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan tindakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan, pengamatan, refleksi dan revisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Diponegoro Bandung Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 30  siswa.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket dan tes. Dari hasil tersebut diperoleh nilai ketuntasan tes awal 63,33 %, tes siklus I 76,67 %, dan tes Siklus II 90,00 %. Terjadinya peningkatan nilai dari tes awal, Siklus I dan Siklus II karena penerapan pendekatan model pembelajaran cooperative script dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi materi perkoperasian bagi siswa Kelas X MA Diponegoro Bandung Tulungagung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’la, Miftahul. (2011). Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva press.

Agus Suprijono. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aqib, Z., (2014), Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.

Arief, Subyantoro, Aryono dan Tacobus, Sudaryoto. (2015). Manajemen Koperasi. Yogyakarta: Penerbit Gosyen Publishing.

Daryanto. (2014). Pembelajaran Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. (cetakan pertama). Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Erni. (2018).Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 20 Saning Bakar Kecamatan X Koto Singkarak melalui Model Pembelajaran Cooperative Script. Jurnal Aufklarung.Vol. 1, No. 2, Desember 2018

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hamiyah, N. Dan M. Jauhar. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hernawan, Asep Herry. (2011). Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hidayat, Irwan. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Mind Map Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 4, Hal 562-568.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad, Asep.,& Abdul, Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Jumanta, Hamdayana (2016). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter.Bogor: Ghalia Indonesia.

Kunandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniasih,Sani.(2014). Strategi – Strategi Pembelajaran Alfabeta:Bandung

Martino, Ahmad. (2017). Tata Kelola Koperasi Yang Baik. Yogyakarta:

Deepoublish.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Prastowo, Andi. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Puspitasari,Y., Rusdi & Muchlis, E.E. (2017).Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol.2, No.1, April 2018.

Sani,A. R. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Sani, A.R. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Subandi. (2015). Ekonomi Koperasi : Teori Dan Praktik. Empat. Bandung: Alfabet

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sukwiaty,dkk. (2009). Pengertian Ilmu Ekonomi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumiati dan Asra.(2009).Model pembelajaran. Bandung. CV. Wacana Prima.

Suprihatiningrum, Jamil.(2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Susanto, Ahmad.(2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto (2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Surabaya:Kencana.

Trianto.(2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Umar, Husein.(2005), Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis, Jakarta: Grafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Susilowati, E. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA MA DIPONEGORO BANDUNG TULUNGAGUNG . PEKA, 11(1), 32–49. https://doi.org/10.25299/peka.2023.vol11(1).13085

Issue

Section

Articles