PENERAPAN MODEL PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA

Authors

  • Mia Audina

DOI:

https://doi.org/10.25299/peka.2021.vol9(1).12316

Abstract

Penelitian ini berfokus pada dua variabel yaitu meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.  Penelitian ini dilakukan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan untuk proses pembelajaran dan pada pertemuan ketiga dilaksanakan penilaian harian (PH) untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Pada siklus I, aktivitas siswa yaitu 80,71% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 90.47%. Hal ini dikarenakan siswa mampu aktiv baik pada saat proses pembelajaran dengan bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru, bekerja sama dalam kelompok diskusi, memberikan pendapat dalam suasana diskusi di kelas. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yaitu 61,90% kategori cukup. Kemudian pada saat kelas telah diberi tindakan pada siklus I hasil belajar siswa yaitu 66,25% kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 77,5% dengan kategori baik. Ketuntasan belajar siswa terlihat sebelum tindakan kelas dinyatakan belum tuntas secara klasikal dengan persentase 33,33% dan pada siklus I juga masih dinyatakan belum tuntas dengan persentase 61,78%. Namun pada siklus II, ketuntasan klasikal yaitu 81,25% ≥ 80% sehingga kelas dapat dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan, maka dapat dikatakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tembilahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Mia Audina. (2021). PENERAPAN MODEL PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA. PEKA, 9(1). https://doi.org/10.25299/peka.2021.vol9(1).12316

Issue

Section

Articles