ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA KULIAH PRAKTIK LAPANGAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.25299/peka.2020.vol8(2).12308Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2016 dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) saat pelaksanaan Kuliah Praktik Lapangan Pendidikan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskripsi kualitataif dengan melakukan pengamatan dan wawancara dengan mengambil kesimpulan dalam bentuk penjelasan atau uraian. Instrumen penelitian dalam penelitian kualitatif yaitu peneliti itu sendiri dan subjek penelitian dengan menggunakan Purposive Sampling atau pengambilan data dengan adanya pertimbangan tertentu. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh beberapa kesulitan yang dialami oleh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2016 dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) saat pelaksanaan kuliah praktik lapangan pendidikan dengan rata-rata kesulitan seperti kesulitan dalam menentukan kompetensi dasar, kesulitan dalam menentukan metode pembelajaran, kesulitan dalam menentukan alokasi waktu dan kesulitan dalam membuat format penilaian.