KENDALA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Authors

  • Sauda Ike Nurjanah

DOI:

https://doi.org/10.25299/peka.2020.vol8(2).12307

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Kendala guru Ekonomi SMA di Kabupaten Indragiri Hulu dalam impelementasi kurikulum 2013 dilihat dari perencanaan pembelajaran. (2) Kendala guru Ekonomi SMA di Kabupaten Indragiri Hulu dalam implementasi kurikulum 2013 dilihat dari pelaksanaan proses pembelajaran. (3) Kendala Ekonomi SMA di Kabupaten Indragiri Hulu dalam implementasi kurikulum 2013 dilihat dari evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan subjek penelitian guru-guru yang tergabung dalam MGMP Ekonomi di Kabupaten Indragiri Hulu, yaitu berjumlah 46 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli (Judgement Expert). Data disajikan berdasarkan hasil analisis data yang dihasilkan dan diinterpretasikan sesuai dengan kriteria indikator yang diukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kendala guru Ekonomi SMA di Kabupaten Indragiri Hulu dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari perencanaan pembelajaran dengan skor 130,22 berada pada rentang 130,22- 153,22 dengan kategori cukup banyak kendala. Kendala tertinggi ada pada indikator Merumuskan indikator dan tujuan berdasarkan kemampuan HOTS. (2) kendala  guru Ekonomi SMA di Kabupaten Indragiri Hulu dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari proses pelaksanaan pembelajaran dengan skor 124,75 berada pada rentang 124,75- 143,67 dengan kategori cukup banyak kendala . Kendala  tertinggi ada pada indikator merancang media untuk pembelajaran 5M (3) kendala  guru Ekonomi SMA di Kabupaten Indragiri Hulu dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari perencanaan proses pembelajaran dengan skor 153,63 berada pada rentang 153,63-167,75 dengan kategori cukup banyak kendala. Kendala  tertinggi ada pada indikator mengolah/merekapitulasi nilai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Sauda Ike Nurjanah. (2020). KENDALA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN INDRAGIRI HULU. PEKA, 8(2). https://doi.org/10.25299/peka.2020.vol8(2).12307

Issue

Section

Articles