PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PESERTA DIDIK SMA KELAS XII IPS DI KECAMATAN BUNGARAYA KABUPATEN SIAK DALAM MEMILIH UNIVERSITAS ISLAM RIAU
DOI:
https://doi.org/10.25299/peka.2022.vol10(1).11066Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi (penyebaran brosur, poster, media sosial, promosi langsung) terhadap pengambilan keputusan peserta dalam memilih Universitas Islam Riau. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksplanatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi secara pasrsial berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan variabel independen yaitu promosi memiliki nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 atau nilai thitung sebesar 7,058 > nilai ttabel 3,920. Sedangkan koefisien determinasi (Uji R2) yakni 0,337 yang berarti bahwa pengambilan keputusan peserta didik di pengaruhi oleh promosi sebesar 33,7 sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak diteliti oleh peneliti.
Kata Kunci: Promosi, Pengambilan Keputusan