STRATEGI PROGRAM ACARA THE NEWSROOM DALAM MENINGKATKAN RATING PROGRAM

Studi Deskriptif Kualitatif Program Acara The Newsroom di NET TV

  • Shintya Fajriana Indrajati Stikom InterStudi
  • Poppy Ruliana Program Studi Ilmu Komunikasi STIKOM Interstudi
Keywords: Strategi Program, Televisi, “The Newsroom” NET TV, Rating

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi program acara The Newsroom dalam meningkatkan rating program di NET TV. Tujuan dari penelitian ini mengetahui dan menjelaskan mengenai strategi program acara The Newsroom dalam meningkatkan rating program di NET TV. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi Program yang dikemukakan oleh Peter Pringle (dalam Morissan 2013) meliputi, perencanaan program, produksi program, eksekusi program, evaluasi dan pengawasan program. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan, melukiskan, secara lebih terperinci dengan maksud dapat menerangkan, menjelaskan, dan menjawab permasalahan peneliti (Rakhmat, 2014). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui data primer yaitu, observasi partisipasi dan wawancara mendalam yang didasarkan pada pedoman wawancara. Wawancara dilakukan dengan menggunakan alat tulis, perekam, dan catatan. Sedangkan data sekunder dilakukan melalui dokumentasi perusahaan. Untuk pengolahan data dilakukan melalui tahapan yaitu, open coding, axial coding, dan selective coding. Kemudian pada analisis data dilakukan melalui tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian strategi program yang dilakukan oleh tim The Newsroom, menurut Nielsen rating program The Newsroom tergolong masih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2017). Komunikasi Massa. Refika Offset.
Briandana, R., & Irfan, M. (2019). Broadcasting Management: The Strategy of Television Production Configuring for Sustainability in the Digital Era. International Journal of English Literature and Social Sciences, 4(6), 1879–1886. https://doi.org/10.22161/ijels.46.40
Databoks. (2017). Penetrasi Media Televisi Masih yang Tertinggi. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/07/27/penetrasi-televisi-masih-yang-tertinggi
Djamal, H. (2017). Tv Programming. Kencana.
Mabruri, A. K. (2013). Manajemen Produksi Program Acara Televisi Format Acara Non-drama, News dan Sport. PT Grasindo.
Mediatama, N. (2019). NET. Televisi Masa Kini. http://www.netmedia.co.id/home
Morissan. (2013). Manajemen Media Penyiaran. Kencana.
Mulyana, D. (2013). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Rakhmat, J. (2014). Metode Penelitian Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.
Sari, P. E., Pramonojati, T. A., Sos, S., & Ds, M. (2019). STRATEGI PROGRAM ACARA HITAM PUTIH DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM DI STASIUN TELEVISI TRANS7 THE STRATEGY OF TELEVISION PROGRAM “ HITAM PUTIH ” TO MAINTAIN ITS EXISTENCE IN TRANS7 TELEVISION STATION Program Studi S1 Ilmu Komunikasi , Fakultas Kom. 6(1), 1860–1867.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Tempo. (2013). Acara TV Ini Paling Digemari Penonton Indonesia. https://bisnis.tempo.co/read/465467/acara-tv-ini-paling-digemari-penonton-indonesia/full&view=ok
Wendy, F. L., Putri, I. P., & Putra, A. (2016). Strategy of Entertainment Shows Program on Indonesian Public Television : Case Study of “ Kamera Ria ” Entertainment Shows Program on Lpp Tvri. April.
Published
2020-06-29
Abstract viewed = 35 times
PDF downloaded = 13 times