MAKNA TANDA PADA POSTER CANDI BOROBUDUR ASIAN GAMES 2018

Authors

  • Chrisentia Flavia Dwianjani The London School Of Public Relations Communication & Business Institute
  • Sella Lovityo Aulia The London School Of Public Relations Communication & Business Institute

DOI:

https://doi.org/10.25299/medium.2019.vol7(2).4773

Abstract

Kemunculan akun @asiangames2018 ini, tidak hanya menjadi sarana informasi seputar perolehan mendali, tetapi juga sebagai ajang untuk memperkenalkan pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia dimana memiliki kekayaan budaya yang tersebar luas di seluruh wilayah ini. Secara tidak langsung juga, INASGOC juga meluncurkan enam posterĀ  yang di publish lewat official instagram dengan nama akun @asiangames2018 dimana pada poster tersebut, terlihat background yang menampilkan lokasi-lokasi destinasi wisata di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tanda-tanda yang ingin disampaikan melalui poster Candi Borobudur Asian Games 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Simpulan dari penelitian ini adalah dapat mampu membangun semangat olahraga kedalam budaya Asia sehingga dapat semakin memperkenalkan wisata Indonesia kepada masyarakat Asia sehingga mau mengunjungi Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ackerman, A., & Puglisi, B. (2012). The Emotion Thesaurus: A Writer's Guide To Character Expression. CreateSpace Independent Publishing Platform.
Barthes, R. (2011). Mitologi. (Nurhadi, & A. S. Millah, Penerj.) Bantul: Kreasi Wacana.
Chandler, Daniel. (2002). Semiotics: The Basic. New York, USA: Routhledge
Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.
Fitria, M. (2018). Komunikasi Pemasaran melalui Desain Visual. Yogyakarta: Deepublish.
Floyd, K. (2009). Interpersonal Communication The Whole Story .New York: McGraw-Hill
Irawan, Prasetya. 2006. Penelitian Kualitatif & Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Departemen Ilmu Adminstrasi FISIP UI. Depok, Indonesia.
Kustandi., Sujipto. (2011). Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Kusumarini, Y. (2006). Teori Semiotic: Universitas Kristen Petra. Surabaya, Indonesia.
Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.
Neuman, W. L. (2017). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. (E. T. Sofia, Penerj.) Jakarta Barat: PT Indeks
Pateda, M. (2001). Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta
Sobur, A. (2016). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Stone, A. M. (2008). Color Design Workbook. Massachusetts, USA.
Suryadi, E. (2018). Strategi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wibowo,W. (2011). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media
Wibisono, B. (2018). Satu Menit Baca Bahasa Tubuh Orang Lain. Yogyakarta: Checklist.

Downloads

Published

2020-04-03