MOTIVASI BERPRESTASI TERGAMBAR DARI POLA TULISAN TANGAN dan TANDA TANGAN

Authors

  • Veronika Trimardhany Institut Komunikasi dan Bisnis, LSPR-Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.25299/medium.2019.vol7(2).4555

Keywords:

Intrapersonal, Grafologi, Motivasi Berprestasi

Abstract

Individu yang memiliki motivasi berprestasi dalam suatu organisasi, seperti yang diungkapkan oleh McClelland (1987), organisasi akan diuntungkan atas prestasi yang dicapai individu tersebut. Untuk mendapatkan karakter atau kepribadian individu yang memiliki  motivasi berprestasi dengan cara menganalisis tanda tangan dan tulisan tangan (grafologi). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Motivasi berprestasi dari individu, dan untuk mengetahui komunikasi Intrapersonal tentang prestasi yang diraihnya serta untuk mengetahui pola tulisan dan tanda tangan pada individu tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskrptif dengan wawancara mendalam dan Analisa grafologi. Dengan subyek penelitian 5 dosen tetap dan memiliki jabatan sebagai manager keatas dalam suatu organisasi di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi di Jakarta. Hasil yang diperoleh adalah Motivasi kelima subyek menunjukan intensitas, arah dan ketekunan. Faktor motivasi yang dimiliki kelima subyek adalah dorongan kekuatan untuk mencapai prestasi yang menjadi tanggung jawabnya. Arahnya jelas yaitu rasa tanggung jawab yang besar karena sebagai tugas dan amanah. Pola tulisan tangan dan tanda tangan mereka adalah tidak mudah merespon informasi,  berpikir dahulu sebelum memutuskannya. Motivasi dan goal-nya tidak terlalu tinggi namun realistis yang sesuai kondisi dan situasi, maka hasil kinerjanya tergolong cukup produktif, didukung oleh kemampuannya berkomunikasi dalam menjalankan tugasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achsinfina ( 2008). Menguak Rahasia Tulisan Tangan, Puspa Populer, Jakarta.
Aspinwall, L. G., & MacNamara, A. (2005). Taking positive changes seriously: Toward a positive psychology of cancer survivorship and resilience. Cancer, 104(Suppl 11), 2549–2556.
Devito, Joseph A. (2015 ) Terjemahan: Komunikasi Antarmanusia, edisi kelima. Tangerang Selatan: Karisma Publishing.
Devito, Joseph A (2009: 101) Human Communication The Basic Course. Hunter College of the City University of New York.
Jex, S.M. & Britt, (2008), Organizational psychology (A scientist-practitioner approach), 2nd.ed, New Jersey: John Wiley & Sons.
Judge, T. A., & Bretz, R. D. (1994). Political influence behavior and career success. Journal of Management, 20, 43–65.
Judge, T. A., Cable, D. M., Boudreau, J. W., & Bretz, R. D. (1995). An empirical investigation of the predictors of executive career success. Personnel Psychology, 48, 485–519.
Kanfer, R. (1992). Work motivation: New directions in theory and research. In Kerlinger, F.N. (1996). Foundations of behavioral research. Japan: CBS College Publishing.
Katzell, R. A., & Thomson, D. E. (1990). Work motivation: Theory and practice. American Psychologist 45 (2): 144–53.
Liliweri, Alo (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
London, M., & Stumpf, S. A. (1982). Managing careers. Reading, MA: Addison-Wesley.
McClelland, D.C. (1987). Human Motivation. New York: The Press Syndicate of the University of Cambridge.
McNichol, Andrea.(2004) Biarkan Tulisan Tangan Berbicara, Jakarta: Abdi Tandur
Mitchell, T. R. (1997). Matching motivation strategies with organizational contexts. In Cummings L. L & Barry ,M. S, 57–149. Greenwich, CT: JAI Press.
Munandar, Ashar Sunyoto (2001). Psikologi industri dan organisasi, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press)
Mutia Fadhilla1 , Maksum Ro’is Adin Saf2 , Dadang Syarif Sihabudin Sahid3. “Pengenalan Kepribadian Seseorang Berdasarkan Pola Tulisan Tangan Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan”, JNTETI, Vol. 6, No. 3, Agustus 2017.
Pinder C.C. (1998). Work motivation in organizational behavior. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
Prasetyono, Dwi Sunar (2010). Bedah Lengkap Grafologi. Jogyakarta: Diva Press
Robbins, S. P. (2003). Organizational Behavior,( 10th ed.) New Yersey: Pearson Education.
Sumantri S. (2012). Perilaku Organisasi. Bandung: Universitas Padjadjaran.
Sri Widoretno, M. Sarosa, dan Muhammad Aziz Muslim. (Jurnal EECCIS Vol. 7, No. 2, Desember 2013 Implementasi Pengenalan Karakter Seseorang Berdasarkan Pola Tulisan Tangan.

Downloads

Published

2020-03-06