PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KEDAI ROTI BAKAR DI PAMULANG

Authors

  • Vera Ramadhanty London School of Public Relations - Jakarta
  • Delvira Juang Utami Putri
  • Fatimah Azzahra

DOI:

https://doi.org/10.25299/medium.2019.vol7(2).4406

Keywords:

Kualitas Produk, Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Perilaku Konsumen

Abstract

Kedai Roti Bakar (KEIBAR) yang merupakan salah satu restoran yang menyediakan berbagai macam makanan terutama roti bakar yang mempunyai berbagai macam topping. Penelitian ini membahas antara kualitas produk dan pelayanan dengan loyalitas pelanggan. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk serta pelayan terhadap loyalitas pelanggan, dan seberapa besar pengaruhnya di KEIBAR di Pamulang. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kuantitatif dengan objek penelitian yaitu pada Kedai Roti Bakar (KEIBAR) di Pamulang dengan melihat seberapa loyal konsumen untuk datang ke KEIBAR serta dengan melihat kualitas produk (X1) dan pelayanan (X2). Jenis penelitian ini menggunakan korelasional yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara kualitas produk dan pelayanan dengan loyalitas pelanggan pada KEIBAR di Pamulang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 254 responden dari jumlah populasi 700 pelanggan. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, non-probability sampling dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan 7 uji instrumen yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas, uji korelasi berganda, uji asumsi klasik (multikolnearitas), uji anova serta dilakukan uji analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan pelayanan memiliki hubungan yang kuat terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai regresi 0,634.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, D., & Rosinta, F. (2010, Mei - Agustus). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi Program Studi Ilmu Administrasi Departemen FISI, Universitas Indonesia, 17, 115.
Putro, S. W., Semuel, H., & Brahmana, R. K. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Jurusan Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra, 2(1), 1.
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 1. (A. Maulana, W. Hardani, Eds., & B. Sabran, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Rusydi, M. (2017). Customer Excellence. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendekia.
Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa (Edisi Kedua ed.). Jakarta Barat: PT Indeks .
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian (Dilengkapi Aplikasi Program SPSS). Bandung: CV Pustaka Setia.
Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Start Up.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian KUANTITATIF. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Widyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan : Konsep & Aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi & ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Elex Medua Komputindo.
Nisfiannoor, M. (2019). Pendekatan Statistika Modern Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Downloads

Published

2020-03-06