ADOPSI PENERIMAAN DIGITAL PAYMENT PADA KALANGAN MILENIAL

Authors

  • Dian Dinata Houston STIKOM LSPR

DOI:

https://doi.org/10.25299/medium.2019.vol7(2).4094

Keywords:

Digital Payment, Millennial Generation, Consumer Behavior, Purchasing Decisions, Schutz Phenomenology

Abstract

Perkembangan teknologi yang terus berkembang dan maju membuat para aplikasi fintech berlomba-lomba untuk terus melakukan sebuah inovasi baru. Kini masyarakat bisa bertransaksi menggunakan applikasi digital payment yang dapat mempermudah kegiatan sehari-hari. Applikasi-applikasi digital payment tersebut terus melakukan inovasi-inovasi baru. Inovasi tersebut bisa berupa kemudahan dalam bertransaksi, promo-promo yang diberikan, atau fitur-fitur lain yang berhubungan dengan applikasi fintech tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami sejauh mana adopsi inovasi digital payment kepada generasi millennial. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori difusi inovasi yang dikemukakan oleh Everet Rogers. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dekskriptif, dengan jumlah narasumber sebanyak 10 orang yang berusia 16-22 tahun. Hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara dengan narasumber ialah generasi millennial sudah menerima adanya inovasi-inovasi baru yang diciptakan oleh applikasi-applikasi digital payment. Penggunaan applikasi digital payment dilakukan untuk berbagai hal seperti transportasi online, membeli makanan, membeli tiket, dan sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damajanti, I., & Siregar, A. T. (n.d.). Analisis Gagasan Seniman Generasi Milenial Dalam Inklusivitas Seni Rupa Indonesia. 2.
Khasanah, I., & Pamujo, N. Y. (2011). Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise. 157.
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi. Bandung: Widya Padjadjaran.
Lutfiatuna, A., Novitasari, A., & Helfiyana, A. (2018). Bahasa Alay Pada Chating Di Medsos Remaja Millenial (Bahasa Alay Vs Remaja Millenial). Bahasa Alay Pada Chating Di Medsos Remaja Millenial (Bahasa Alay Vs Remaja Millenial), 86.
MarComm, M. (2018). Millennials. Jakarta: Fantasious x Loveable.
Moleong, L. J. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugroho, A. (2018). Regulasi Terkait Pembayaran Elektronik Di Indonesia. 6 - 7.
Patilima, H. (2007). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: ALFABETA.
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volumen Penjualan Hasil Industri Rumahan. 46.
Prisgunanto, I. (2014). Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: CV.Prisani Cendekia.
Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendekia.
Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Trihasta, D., & Fajaryanti, J. (2008). “E-payment” SISTEM . 616.

Downloads

Published

2020-03-06