Komunikasi Ritual Ziarah Kubur “Atib Ko Ambai”

  • Ali Badri Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Riau
  • Chelsy Yesicha Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Riau

Abstract

Atib Ko Ambai menjadi ritual yang lestari dilaksanakan pada tiga hari setelah raya I’Dul Fitri di desa Teluk Nilap, Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.  Ritual ziarah makam Tengku Abdul Pasai seorang tokoh masyarakat penyebar Islam ke daerah tersebut memiliki keunikan berkumpul dan pergi ke makam dengan menggunakan pompong. Tidak sekedar ritual biasa melainkan untuk menjaga tali silatuhrahmi antara masyarakat desa sekaligus menolak bala. Dengan metode kualitatif etnografi dengan mengutamakan wawancara dan observasi partisipan dalam pengumpulan data disimpulkan hasil diperoleh Ritual “Atib Ko Ambai” menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, dan juga bahasa Arab.  Situasi komunikatif yang dihadiri langsung oleh pemangku Adat, Tokoh Masyarakat, generasi pemuda dan masyarakat umumnya. Peristiwa komunikatif dalam Ritual Atib Ko Ambai. Dan juga tindakan komunikatif dalam Ritual Atib Ko Ambai. Tujuan dan Fungsi dalam Ritual Atib Ko Ambai untuk mengenang jasa para ulama terdahulu, urutan tindak prosesi ritual Atib Ko Ambai dari awal sampai selesai dalam keadaan nuansa keislaman dengan norma-norma yang terkandung didalam yang bermuatan nilai kesopanan nilai solidaritas, dan nilai taat dan patuh pada Agama dan Adat. Tindakan komunikatif dalam dilaksanakan oleh seorang pembuka adat, khalifah, tokoh masyarakat lainnya yang hadir harus memiliki keterampilan dan harus memahami norma-norma yang terkandung didalam Ritual tersebut.

References

Cangara, Hafied H. 2006 Metode penelitian Kualitatif. Jakarta Persada
Kuswarno, Engkus. 2006 “Tradisi Fenomenologi Pada Penelitian Komunikasi Kualitatif : “Sebuah Pengalaman Akademis”. Jurnal. Bandung : Unisba.
Liliweri, Alo. 2002. Gatra-Gatra Komunikasi Antar Budaya. Yogyakart: Pustaka Remaja
Moleong, Lexy J. 2005. Metodelogi penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mulyana, Deddy. 2006. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
----------, 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : Remaja Rosda Karya
Yasir. 2011. Perencanaan Komunikasi. Pekanbaru: Pusat Pengembangan Pendidikan.
West, Richard. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Published
2019-09-19
How to Cite
BADRI, Ali; YESICHA, Chelsy. Komunikasi Ritual Ziarah Kubur “Atib Ko Ambai”. MEDIUM, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 40-52, sep. 2019. ISSN 2615-1308. Available at: <https://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/3789>. Date accessed: 12 dec. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.