Upaya Pengembangan Self-Esteem Siswa SMP Melalui Pemberian Umpan Balik

  • Ricky Fernando universitas islam riau
  • Rezki Rezki
  • Rices Jatra
Keywords: Pengembangan Self-Esteem, Pemberian Umpan Balik

Abstract

Abstrak.Self-esteem (harga diri) merupakan kebutuhan individu yang berhubungan dengan motif berprestasi dan kepercayaan diri sendiri. Pada perkembangan siswa di masa remaja yang terkadang memiliki keinginan diperhatikan secara berlebihan atau bahkan ingin diberikan kebebasan seluas-luasnya, guru harus berhati-hati memberikan umpan balik untuk perbaikan atau koreksi atas kekeliruan yang dilakukan siswa. Harga diri siswa SMP VII SMP 7 Sentajo Raya memilik Karakteristik tergolong ke dalam masa remaja awal. Dalam hal ini perlu dihrapkan ada umpan balik sehingga akan meningkatkan self-esteem (harga dir), dengan meningkatnya harga diri maka akan meningkatkan motivasi anak dalam pembelajaran. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam membantu mengembangkan self esteem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-test and Post-test Group Design) Dalam penelitian ini penulis melihat pengaruh pemberian umpan balik positif, netral dan negatif terhadap self-esteem pada siswa SMP, dengan populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 93 orang. Hasil hipotesis penelitian menemukan bahwa, (1).Terdapat pengaruh yang signifikan pemberian umpan balik positif, Umpan balik Netral dan Umpan Balik Negative terhadap perkembangan self-esteem yang sehat pada siswa SMP. (2).Pemberian umpan balik positif akan memberikan pengaruh paling baik dalam mengembangkan self esteem yang sehat pada siswa kelas 1 SMP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-01
How to Cite
Fernando, R., Rezki, R., & Jatra, R. (2017). Upaya Pengembangan Self-Esteem Siswa SMP Melalui Pemberian Umpan Balik. Journal Sport Area, 2(2), 96-104. https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(2).788
Section
RESEARCH ARTICLES
Abstract viewed = 289 times
Download PDF downloaded = 182 times