Kontribusi Tingkat Kesegaran Jasmani dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Penjas Angkatan 2013 FKIP UIR Pekanbaru)
Keywords:
Tingkat Kesegaran Jasmani, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PenjasAbstract
Penelitian yang dilakukan di Penjas FKIP Universitas Islam Riau bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar mahasiswa penjas yang mengambil mata kuliah praktek. Hubungannya dilihat dari tingkat kesegaran jasmani mahasiswa dan motivasi belajar. Hipotesis penetian; (1) terdapat hubungan signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar mahasiswa penjas, (2) terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mahsiswa penjas, dan (3) terdapat kontribusi signifikansi antara tingkat kesegaran jasmani dan motivasi belajar mahasiswa penjas secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Penelitian ini melibatkan 58 orang responden, pengambilan sampel secara proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan kuisioner. Data penelitian dianalisis dengan mengunakan teknik statistik koefisien korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian mengungkapkan, (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar penjaskes, (2) terdapat hubungan posistif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, dan (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dan motivasi belajar penjas secara bersama terhadap hasil belajar penjas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Copyrights of all materials published in Journal Sport Area are freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.