Pengaruh Menonton Pertandingan Sepakbola Di Televisi Terhadap Perilaku Sosial Anak Dalam Bermain Sepakbola
Keywords:
Menonton, Perilaku SosialAbstract
Media televisi sangat berpengaruh terhadap perilaku sosial anak dilihat dari objek yang dia sukai, salah satunya menonton pertandingan sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertandingan sepakbola di televisi terhadap perilaku sosial anak dalam bermain sepakbola. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan design penelitian causal-comparative yang membandingkan anak penonton berat dan penonton ringan. Sampel dalam penelitian ini adalah SMAN 4 Garut Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat terdiri dari 21 orang penonton berat dan 21 orang penonton ringan yang dipilih secara purposive sampling. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penonton berat pertandingan sepak bola di televisi berpengaruh terhadap perilaku sosial anak dalam bermain sepakbola dengan nilai signifikansinya 0.019 < 0.05 dan dilihat dari nilai skor rata-rata kelompok perilaku sosial anak penonton berat/sering lebih besar dari kelompok perilaku sosial anak penonton ringan/jarang dengan skor 146.52 > 135.05. Dengan demikian terlihat perbedaan yang signifikan antara perilaku sosial anak penonton berat dengan anak penonton ringan dalam bermain sepakbola.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Copyrights of all materials published in Journal Sport Area are freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.