Hubungan Metode Problem Based Learning Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

  • Irena Maharani Mahasiswa Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Ary Antony Putra Dosen Universitas Islam Riau, Indonesia

Keywords:

Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menarik kesimpulan dan memberikan penjelasan sederhana terhadap materi yang telah diajarkan guru. Siswa juga dalam bertanya dan menjawab pertanyaan masih kurang. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fiqh ibadah di MTs. Muhammadiyah Lubuk Jambi. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian berjumlah 85 dan semuanya dijadikan sampel karena jumlahnya kurang dari 100. Instrumen pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Sementara analisis datanya adalah uji regresi linier sederhana. Adapun hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000 maka Ha diterima yang menyatakan ada hubungan antara metode pembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran matematika. Pembelajaran Fiqih Ibadah di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. Besarnya tingkat pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,176 berada pada rentang 0,00-0,199 dan termasuk dalam kategori sangat rendah. Artinya pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Fiqh Ibadah di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi “sangat rendah”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72.

Angraeni, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Berpikir Kritis (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320-325.

Arifin. 2017. “Bab Ii Landasan Teoritis.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Kencana.

Darajat, Z., et al. (2016). Ilmu Pendidikan Islam, 2016. Bumi Aksara.

Dewi, E. K., & Jatiningsih, O. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKN Kelas X di SMAN 22 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(03), 936-950.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang menyenangkan. Ar-Ruzz Media.

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (597-602).

Iskandar (2008). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Gaung Persada Press.

Kaliky, Syafruddin, and Fahruh Juhaevah. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau Dari Gender.” Matematika Dan Pembelajaran 6(2):111. doi: 10.33477/mp.v6i2.663.

Kasdin, S. (2019). Berpikir Kritis Kecakapan Hidup di Era Digital. Kanisius.

Kodariah, L., Hardi, E., & Sutresna, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Analisis Siswa (Penelitian pada siswa kelas X di SMA YRM Cihawar). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 27-32.

Kurniawan, and Yuniarto. (2016). Analisis Regresi Dasar dan Penerapannya dengan R. Kencana.

Liani, Esti, Dedy Hamdani, and Eko Risdianto. 2018. “Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di SMAN 3 Kota Bengkulu.” Jurnal Kumparan Fisika 1(2):20–24. doi: 10.33369/jkf.1.2.20-24.

Lismiyati, H. (2022). Supervisi Kolegial Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Dalam Problem Based Learning (PBL) Kelas VIII Smpn 04 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(1), 43-54.

Mucharom, M. Z. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keaktifan Dan Berpikir Kritis Siswa dalam Karakter Kebangsaan di SPN Polda Jatim. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).

Nazir. (2003). Metode Penelitian, Ghalia Indonesia. Ghalia Indonesia.

Novera, E., Daharnis, D., Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349-6356.

Nurlaeli, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Tsaqofah, 2(1), 23-30.

Oktaviani, Windi. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD.” Jurnal Basicedu 2(2):5–10. doi: 10.31004/basicedu.v2i2.137.

Pengaruh model problem based learning, kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. 2019. “Nurhayati, Lia Angraeni, Wahyudi.” 11(1):12–20.

Phasa, K. C. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 711-723.

Priyatno, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Andi.

Purnamasari, E. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).

Purnamasari, E. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta (Master's Thesis, Universitas Islam Indonesia).

Rahmawati, R. I. (2019). Pengaruh Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SMPN 1 Pakusari. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 31-36.

Riduwan, and Sunarto. (2015). Pengantar Statistika Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabe-variabel Penelitian. Alfabeta.

Riduwan. (2015). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta.

Rohmatin, Dian Novita. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Pengajuan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Gamatika 5(1):1–7.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada.

Sa’idah, E. L. (2022). Analisis Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Study Literatur) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Saleh, Marhamah. 2013. “Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning.” Jurnal Ilmiah Didaktika 14(1):190–220. doi: 10.22373/jid.v14i1.497.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.

Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri), Penerbit Adab.

Sudaryana, A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Sudijono, A. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Syamsudin. 2020. “Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Else (Elementary School Education Journal).” Jurnal ELSE 4:81–99.

Ulandari, Wiwi, Ferry Perdiansyah, and Moh. Zamroni. 2020. “Peningkatan Berpikir Kritis Melalui Metode Problem Based Learning Siswa Kelas Iv Sdn Pinang 6 Tangerang.” Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) 1(2):42–51. doi: 10.31000/ijoee.v1i2.2930.

Verinsyah, N. O., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 368-379.

Wahyuni, S. (2021). Metodologi Penelitian Bidang Muamalah, Ekonomi Bisnis. Media Sains Indonesia.

Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Raja Grafindo Persada.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.

Downloads

Published

2023-10-27