Author Guidelines

A. Ketentuan Umum

  1. Naskah yang diprioritaskan dalam JPIM adalah hasil penelitian dari kolaborasi antara mahasiswa dan dosen pembimbing atau dosen pembimbing dengan mahasiswa, meliputi jenjang pendidikan Strata 1, Strata S2, Strata S3, program pendidikan pra jabatan, dan program pendidikan dalam jabatan. Untuk pengajuan naskah selain itu, misalnya guru, konsultan pendidikan, praktisi pendidikan, atau pemerhati pendidikan, tetap dipertimbangkan selama penulis mematuhi ketentuan JPIM serta berkolaborasi dengan dosen atau mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi.
  2. Penulis utama disarankan sekaligus menjadi corresponding author. Corresponding author adalah orang yang bertanggungjawab penuh dalam melakukan korespondensi dengan editor JPIM sebelum naskah publish dan bahkan setelah naskah publish.
  3. Apabila pengajuan naskah tidak sesuai dengan focus dan scope, author guidelines, template JPIM, dan lainnya, maka tim editor JPIM akan melakukan decline.
  4. Penulisan transliterasi dari huruf Arab (hijaiyah) ke dalam bahasa Indonesia (huruf Latin), menggunakan model transliterasi nasional yang merujuk pada transliterasi (SKB) Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, tanggal 22 Januari 1988, No. 158/1987. Untuk langkah-langkahnya silahkan lihat Arabic Transliteration Guide.
  5. Toleransi similariti cek turnitin, mulai dari proses pengajuan sampai publish tidak boleh lebih dari 30%.

B. Ketentuan Khusus

JUDUL

Jumlah kata dalam judul maksimal 15 kata. Font Times New Arabic, size 11, bold.

Nama Penulis

Font Times New Arabic, size 11, bold. Jika lebih dua penulis, pola penulisan nama berikutnya tetap sama.

Afiliasi

Font Times New Arabic, size 10. Jika penulis pertama/corresponding authornya mahasiswa, maka kata dosen atau lainnya diganti jadi kata mahasiswa, dan begitu seterusnya. Jika penulis tidak berstatus dosen dan mahasiswa, maka pola penulisan status dan afiliasinya sama, tinggal disesuaikan aja dengan tempat kerja.

Alamat Afiliasi

Font Times New Arabic, size 10. Khusus corresponding author saja

Alamat e-mail

Jenis huruf khusus alamat e-mail menggunakan Times New Roman dan hanya untuk corresponding author saja, size 10, italic.

Abstrak

Abstrak berisi overview dari keseluruhan (workflow) penelitian. Ditulis dengan menggunakan pilihan-pilihan kata yang tepat dan powerful, terdiri dari masalah penelitian atau tujuan penelitian, metode yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian, hasil yang diperoleh, dan kesimpulan. Jumlah kata yang diperkenankan dalam abstrak 150-200 kata. Untuk versi bahasa inggris, jumlah kata fleksibel karena menyesuaikan dengan hasil translate abstrak dari bahasa Indonesia.

(Font Times New Arabic, size 11, paragraph spacing 1).

Kata Kunci

Font Times New Arabic, size 11, minimal 3 kata, maksimal 5 kata. Untuk abstrak bahasa inggris, teknik penulisannya pada umumnya sama, bedanya hanya italic.

PENDAHULUAN

Pendahuluan berisi problematika aktual (research problem) atau gap antara das sollen dan das sein dan benar-benar menimbulkan pertanyaan penelitian (research question) terkait dengan tema yang diteliti. Uraian problematika harus argumentatif dan disertai data-data pendukung berupa fakta dan teori dari hasil penelitian yang relevan. Selain itu, pada bagian akhir, manfaat dan kontribusi dari penelitian yang dilakukan harus disebutkan sejelas mungkin.

(Teknik pengutipan menggunakan bodynote style American Psychological Association (APA) style 7th edition, jenis huruf font Times New Arabic, khusus simbol tertentu boleh menggunakan Times New Roman, size 11, paragraph spacing 1,15. Tidak boleh menggunakan icon numbering. Jika ada gambar, maka harus diberi penomoran dan keterangan secara berurutan dibagian bawah (center text). Sedangkan tabel, diberi penomoran dan keterangan secara berurutan dibagian atas (center text), font size 10 dan paragraph spacing 1.

METODE PENELITIAN

Metode penelitian terdiri dari uraian jenis penelitian, sumber data/informan/populasi sampel, teknik pengumpulan data, dan analisis data. Semua tahapan dalam metode penelitian ditulis secara aplikatif, bukan hanya definisi teoritis saja.

(Teknik pengutipan menggunakan bodynote style American Psychological Association (APA) style 7th edition, jenis huruf font Times New Arabic, khusus simbol tertentu boleh menggunakan Times New Roman, size 11, paragraph spacing 1,15. Tidak boleh menggunakan icon numbering. Jika ada gambar, maka harus diberi penomoran dan keterangan secara berurutan dibagian bawah (center text). Sedangkan tabel, diberi penomoran dan keterangan secara berurutan dibagian atas (center text), font size 10 dan paragraph spacing 1.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil penelitian memuat hasil analisis data yang telah dikumpulkan dan sekaligus untuk menjawab research problem sebagaimana disebutkan dalam pendahuluan. Untuk hasil pengujian yang bersifat statistik, tidak perlu disajikan semua langkah-langkah perhitungan manualnya, cukup tampilkan hasil akhirnya, baru tambahkan interpretasi dan pembahasan dibagian bawah data tersebut. Pembahasan sendiri harus menyatu dengan penjelasan atau interpretasi dari hasil penelitian, tidak dijadikan satu pembahasan khusus. Adapun isi pembahasan adalah membandingkan, membahas, dan mendiskusikan tindak lanjut atas temuan penelitian dengan laporan penelitian sebelumnya dengan didasarkan pada berbagai referensi ilmiah yang relevan. Seterusnya penyampaian hasil penelitian dapat dibantu dengan pemakaian tabel atau grafik yang disertai dengan tambahan narasi untuk mempermudah pembaca memahaminya. Tabel yang disajikan hendaknya ringkas dan padat.

(Teknik pengutipan menggunakan bodynote style American Psychological Association (APA) style 7th edition, jenis huruf font Times New Arabic, khusus simbol tertentu boleh menggunakan Times New Roman, size 11, paragraph spacing 1,15. Tidak boleh menggunakan icon numbering. Jika ada gambar, maka harus diberi penomoran dan keterangan secara berurutan dibagian bawah (center text). Sedangkan tabel, diberi penomoran dan keterangan secara berurutan dibagian atas (center text), font size 10 dan paragraph spacing 1.

KESIMPULAN

Kesimpulan ditulis secara ringkas dan jelas sesuai hasil penelitian. Kemudian deskripsikan secara ringkas dampak positif hasil penelitian terhadap pengembangan pendidikan Islam. Kesimpulan hanya satu prangraf. (Kesimpulan ditulis menggunakan font Times New Arabic, size 11, paragraph spacing 1,15. Tidak boleh menggunakan icon numbering).

REFERENSI

Daftar referensi wajib ada dalam teks sebagai kutipan resmi yang dapat dipertanggung jawabkan. Semua kutipan diwajibkan menggunakan sumber-sumber primer yang diambil dari jurnal, buku, atau data lainnya. Tahun terbitan referensi yang diperkenankan maksimal 10 tahun terakhir. Bila penelitiannya tentang sejarah, studi tokoh, dan sejenisnya, maka tahun terbitan referensi tidak dibatasi. Kutipan dan Referensi wajib menggunakan aplikasi mendeley atau sejenisnya. Referensi ditulis menggunakan style American Psychological Association (APA) 7th edition, spasi 1,0 dan spacing after 5cm. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada template JPIM.

Berikut contoh gaya selingkung penulisan referensi dalam JPIM:

Jurnal Ilmiah
Contoh berikut terdiri dari satu penulis, dua penulis, tiga penulis, lebih dari tiga penulis.

Harahap, M. (2019). Hakikat Belajar dalam Istilah Ta’allama, Darasa, Thalaba, Perspektif Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 16(2), 130–144. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jaip.2019.vol16(2).3913.

Harahap, M., & Siregar, L. M. (2020). Dinamika Pondok Pesantren Dalam Membina Keberagamaan Santri Kabupaten Padang Lawas. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 26–36. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/article/view/66/38.

Ahmad, M., Akzam, I., & Yunita, Y. (2019). Pengaruh Program Kelas Bahasa Arab pada Lembaga CELAD terhadap Penguasaan Mufrodat (Kosa Kata) Mahasiswa. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 16(1), 58-77. https://doi.org/10.25299/jaip.2019.vol16(1).2853.

Bima Praditya, A., Ichsan, Y., Nailatsani, F., & Miasari, S. (2022). Aktualisasi Pendidikan Akhlak Pada Kitab Ayyuhal Walad Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 19(1), 45–59.

Buku Ilmiah
Contoh berikut terdiri dari satu penulis, dua penulis, tiga penulis , dan buku terjemahan.

Yunita, Y. (2022). Kumpulan Materi Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. UIR Press, 2022.

Hamzah, dan Harahap, M. (2022). Pengantar Ilmu Akhlak. UIR Press.

Hanafi, H., Adu, L., dan Zainuddin. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Deepublish.

Al-Twaijiri. A. O. (1988). Kebebasan Akademis Konsep Islam dan Barat, terj. F. Rozi Dalimunthe dan Nur A. Fadhil. Sumber Ilmu IAIN SU.

Disertasi/Tesis/Skripsi
Harahap, M. (2023). Rekonstruksi Konsep Belajar dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Implikasinya terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sumber Digital atau Web
Utami, D. T. (2023). KKN Internasional FAI UIR Salah Satu Langkah Eratkan Kerjasama Luar Negeri - UIR - Universitas Islam Riau. Retrieved August 21, 2023, from https://uir.ac.id/newsfakultas/kkn-internasional-fai-uir-salah-satu-langkah-eratkan-kerjasama-luar-negeri.


Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada template JPIM.