Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Della Pebilasari Mahasiswa Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Yenni Yunita Dosen Universitas Islam Riau, Indonesia

Keywords:

Metode Diskusi, Keaktifan Belajar, Tarbiyah

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa di SD IT Insan Utama 2 Pekanbaru. Ditemukan bahwa siswa tidak berpartisipasi aktif menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan. Kemudian dalam proses belajar masih banyak siswa yang tidak aktif, kurang percaya diri, sehingga mengakibatkan kegiatan proses belajar hanya guru yang aktif sedangkan siswanya kurang aktif belajar. Permasalahan keaktifan belajar siswa yang rendah dapat diatasi dengan metode diskusi. Metode diskusi ini dianggap sangat berhasil karena membuat sesi pembelajaran menjadi dinamis dan menarik. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian melibatkan seluruh populasi dan sampel berjumlah 75 siswa. Analisis data yang digunakan uji regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian yaitu metode diskusi berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar pada siswa di SD IT Insan Utama 2 Pekanbaru. Berdasarkan nilai (R Square) sebesar 0,989 bahwa keaktifan belajar siswa dipengaruhi oleh metode diskusi yang berada dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan nilai koefisien (R) sebesar 0,995 dikategorikan bahwa hubungan variable X ke variable Y itu sangat tinggi. Hal ini sesuai dengan hasil ANOVA nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Temuan penelitian ini diharapkan mampu membuat siswa termotivasi dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam dan merangsang minat belajar aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrida, E. (2019). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas II. D SD Negeri 64/IV Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 282–291.

Doly, M. (2015). Penerapan Strategi Instant Assessment Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Smp Al Hidayah Medan T.P 2013/2014. Jurnal EduTech, 1(1).

Kamza, M., Ibrahim, H., & Lestari, A. I. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126.

Moma, L. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130–139.

Mundir. (2012). Pengatar Analisis Data Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. STAIN Jember Press.

Nanang, M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. PT. Rajagrafindo Persada.

Nuryadi, N., Astuti, T. D., Sri Utami, E., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitan. Gramasurya.

Saliman. (2020). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Diskusi Dengan Materi Perkembangan Islam Masa Modern Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Cimahi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 149–156.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Sudarma, K. A., Purnamawati, I. G. A., & Herawati, N. T. (2019). Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Budaya Kejujuran dan Whistleblowing System dalam Pencegahan Fraud pada Pt. BPR Nusamba Kubutambahan. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 10(3), 435–446.

Surianti, P. (2019). Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMP Masmur Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.

Yakin, A. (2020). Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1), 157–163.

Yuliana, L., Barlian, I., & Jaenudin, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Profit, 5(1), 17–27.

Yumrotun, S. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Sidomulyo Kendal. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(4), 49–56.

Downloads

Published

2023-09-06