Implementasi Media Pembelajaran Flashcard Dalam Meningkatkan Keterampilan Sholat Peserta Didik

Authors

  • Denada Rahmawati Mahasiswa Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Musaddad Harahap Dosen Universitas Islam Riau, Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran, Flashcard, Keterampilan, Sholat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran flashcard dalam meningkatkan keterampilan sholat peserta didik di kelas 4 SDN 009 Sidomulyo, Kabupaten Indragiri Hulu. Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan faktanya keterampilan sholat peserta didik masih belum perlu untuk diperbaiki dan disempurnakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakkan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SD Negeri 009 Sidomulyo Kabupaten Indragiri Hulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui bahwa hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan media pembelajaran flashcard dinilai masih kurang baik dengan presentase sebesar 15% dalam aspek keterampilan sholat. setelah diterapkan media pembelajaran flashcard pada siklus I perolehan nilai meningkat menjadi 50% dalam aspek keterampilan sholat peserta didik dengan kategori sedang, dikarenakan hasil observasi pada siklus I ini belum mencapai kategori nilai yang telah ditentukan, maka dilanjutkan pada siklus II , pada siklus ini perolehan nilai meningkat menjadi 90% dalam aspek keterampilan sholat dengan kategori sangat tinggi dan hasil kedua pada siklus II ini sudah tuntas dari kategori nilai yang telah ditentukan dan penelitian tidak dilanjutkan ketahap selanjutnya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran flashcard dapat meningkatkan keterampilan sholat peserta didik di kelas 4 SD Negeri 009 Sidomulyo, Kabupaten Indragiri Hulu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qahthani, S. bin ’Ali bin W. (2019). Shalatul Mu’min, terj. Abu Khadijah. PT. Elex Media Komputindo.

Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.26858/ERALINGUA.V1I2.4410.

Anugerah, M. (2019). Penelitian Tindakah Kelas (Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Leutikaprio.

Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., Gosiah, N., & Rakeyan Santang, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta didik Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SDN Kertamukti. Jurnal Tahsinia, 2(1), 85–96. https://doi.org/10.57171/JT.V2I1.279.

Fitriyana, N., Kurnia Ningsih, & Panjaitan, R. G. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 13–27. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667.

Hadi Pradana, P., & Gerhani, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/JOEAI.V2I1.587.

Hafidzoh Rahman, N., Mayasari, A., Arifudin, O., Wahyu Ningsih, I., Sabili, S., Islam Nusantara, U., & Al Hidayah Bogor, S. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Peserta didik Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.57171/JT.V2I2.296.

Harahap, M. (2019). Hakikat Belajar dalam Istilah Ta’allama, Darasa, Thalaba, Perspektif Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 16(2), 130–144.

Hasanah, A. (2018). Mengajarkan Shalat pada Anak Melalui Metode Demonstrasi, Tanya Jawab, dan Pembiasaan. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 13–28. http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/view/20.

Jannah, N., & Suryadilaga, M. A. (2020). Mengajarkan Shalat Pada Anak Usia Dini Dalam Masa Social Distancing Covid-19¬Perspektif Hadis. Al-Quds : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(2), 427–446. https://doi.org/10.29240/ALQUDS.V4I2.1638.

Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 54–67. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155.

Julaeha, E. S. (2017). Meningkatkan Pemahaman Dan Prestasi Belajar Peserta didik Dalam Membaca Permulaan Melalui Media Pembelajaran Kartu Kata (Flash Cards) Peserta didik Kelas I SDN Margagiri 2 Kecamatan Pagelaran Semester I Tahun Pelajaran 2014-2015. Cakrawala Pedagogik, 1(2), 251–265. https://doi.org/10.51499/CP.V1I2.62.

Kurniawaty, S. (2020). Improving Prayer Skills By Using Demonstration Method in Grade IV B SDN 15 Sitiung. Journal of Vocational Education and Information Technology (JVEIT), 1(2), 59–64. https://doi.org/10.56667/JVEIT.V1I2.83.

Maghfiroh, L. (2013). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–13. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3031.

Muhaemin, E. (2022). Pelatihan Praktek Sholat Jamak dan Qashar Dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Sholat Pada Remaja (Studi PAR di Majlis Taklim Al-Inayah Kampung Panyirapan Desa Panyirapan Kecamatan Baros Kabupaten Serang). Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Sja’bani, H. M. (2017). Dahsyatnya Gerakan Shalat Pemaparan Kesehatan Fisik dan Hati. PT. Elex Media Komputindo.

Yahya, H. (2020). Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran. Deepublish.

Zakiya, I. S. (2021). Implementasi metode praktek dalam meningkatkan keterampilan tata cara sholat khusyuk Kelas VII di SMP Ma’arif Banyuwangi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Downloads

Published

2023-08-20