Perkiraan Luas Reservoir Panas Bumi dan Potensi Listrik Pada Tahap Eksplorasi (Studi Kasus Lapangan X)

Adi Novriansyah (1)
(1) Universitas Islam Riau, Indonesia

Abstract

Salah satu parameter penting dalam pengembangan lapangan panas bumi disektor listrik adalah besarnya potensi listrik di reservoir. Potensi listrik ini dijadikan sebagai panduan awal dalam rencana kapasitas pembangkit yang akan dibangun. Penentuan potensi listrik ini akan menjadi sulit jika data luas reservoir belum ada. Studi ini menggunakan data pengukuran tekanan dan temperature di sumur-sumur eksplorasi pada lapangan X. Dari data temperature dibuat menjadi peta iso temperature. Berdasarkan peta iso temperature, luas reservoir Lapangan X diperkirakan 20 km2. Hasil kalkulasi potensi listrik menunjukkan Lapangan X mempunyai potensi listrik 40 MWe selama 30 tahun. Ini berarti kapasitas pembangkit maksimum di lapangan X adalah 40 MWe.

Full text article

Generated from XML file

References

Novriansyah, Adi, 2009,: Pengaruh Reinjeksi Terhadap Produksi Pada Lapangan Dominasi Uap X, Tesis Program Pascasarjana Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Saptadji, Nenny Miryani: Catatan Kuliah Teknik Panas Bumi, Bandung, Penerbit ITB.

Yustin Kamah, M. et. al., 2009 : The Productive Feed Zones Identified Based on Spinner Data and Application in theReservoir Potential Review of Kamojang Geothermal Area, Indonesia, Turkey, Proceedings World Geothermal Congress.

Authors

Adi Novriansyah
adinovriansyah@eng.uir.ac.id (Primary Contact)
Novriansyah, A. (2013). Perkiraan Luas Reservoir Panas Bumi dan Potensi Listrik Pada Tahap Eksplorasi (Studi Kasus Lapangan X). Journal of Earth Energy Engineering, 2(2), 19–23. https://doi.org/10.22549/jeee.v2i2.938

Article Details