Sistem Pakar Penentuan Gaya Belajar Siswa Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web

Authors

  • Rahmat Robi Waliyansyah Universitas PGRI Semarang
  • Mega Novita Universitas PGRI Semarang
  • Laelia Puti Aditasar

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2020.vol5(1).4740

Keywords:

Gaya Belajar, Forward Chaining, Expert System

Abstract

Di Sekolah Dasar Negeri Penambuhan 01 Pati gaya belajar siswa dalam menyelesaikan soal & menyerap atau mempelajari pelajaran pasti berbeda-beda. Penulis berinisiatif untuk membuat Sistem Pakar Penentuan Gaya Belajar Siswa Berbasis Web dengan Metode Forward Chaining di Sekolah Dasar Negeri Penambuhan 01 Pati untuk menentukan gaya belajar siswa yang berlainan dan bisa menumbuhkan perhatian, keinginan untuk mengetahui, mempelajari, membuktikan lebih lanjut & dapat dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran terpadu sehingga pengajaran guru lebih kondusif & efektif supaya memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Siswa akan menjadi merasa santai, tidak merasa tegang & santai dalam mengikuti pembelajaran. Dalam pembangunan sistem ini mamakai database MySQL & programming language PHP. Sistem tersebut dikatakan lolos pengujian dari beberapa hasil uji coba yang telah dilaksanakan, sehingga bisa dikatakan sistem tersebut dapat membantu guru menentukan gaya belajar siswa yang berbeda-beda.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mega Novita, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Informatika

Fakultas Teknik dan Informatika

References

Y. Wahyuni, “Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta,” J. Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 10, no. 2, pp. 128–132, 2017, doi: 10.30870/jppm.v10i2.2037.

A. Wibowo and N. Atieka, “Identifikasi Gaya Belajar ditinjau dari Kecenderungan Bakat Khusus pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Metro,” Indones. J. Educ. Couns., vol. 3, no. 1, pp. 79–84, 2019, doi: 10.30653/001.201931.52.

Y. Chania, M. Haviz, and D. Sasmita, “Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X Sman 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar,” Sainstek J. Sains dan Teknol., vol. 8, no. 1, p. 77, 2017, doi: 10.31958/js.v8i1.443.

W. Supartini and H. Hindarto, “Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining Dalam Mendiagnosa Dini Penyakit Tuberkulosis Di Jawa Timur,” Kinetik, vol. 1, no. 3, p. 147, 2016, doi: 10.22219/kinetik.v1i3.123.

M. Ibrohim and N. Purwanty, “Rancang Bangun Aplikasi Identifikasi Gaya Belajar Siswa Dengan Metode Forward Chaining ( Studi Kasus : Sekolah Dasar Negeri Sumampir ),” J.ProTekInfo, vol. 4, no. 1, pp. 19–28, 2017.

A. Yaqin and E. Utami, “Sistem Pakar Pemetaan Kelas Siswa LBB ‘abc’ Menggunakan Metode Forward Chaining,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 1, no. 1, p. 36, 2015, doi: 10.24076/citec.2013v1i1.8.

F. H. Purwanto and K. Wicaksono, “Sistem Pakar Penentuan Bakat Anak Berbasis Android,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2018, pp. 25–30.

D. P. Indah, A. Anton, and U. Radiyah, “Sistem Pakar Deteksi Karakteristik Dan Kepribadian Diri Menggunakan Metode Forward Chaining,” J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 3, no. 1, pp. 34–43, 2018, doi: 10.37438/jimp.v3i1.87.

W. Verina, “Penerapan Metode Forward Chaining untuk Mendeteksi Penyakit THT,” J.Tek. Inform. Dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 123–138, 2015.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. I, no. 3, pp. 31–36, 2015.

Downloads

Published

2020-07-14

How to Cite

Waliyansyah, R. R., Novita, M., & Aditasar, L. P. . (2020). Sistem Pakar Penentuan Gaya Belajar Siswa Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web. IT Journal Research and Development, 5(1), 32–44. https://doi.org/10.25299/itjrd.2020.vol5(1).4740

Issue

Section

Articles