Aplikasi Android Kamus Hukum Versi 2.0 Dengan Bantuan Perintah Suara

  • Nia Ekawati Universitas Putera Batam
  • Rizki Tri Anugrah Bhakti Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Putera Batam

Abstract

Kamus Hukum menggunakan aplikasi android versi 1.0, merupakan terobosan yang diambil untuk membantu para mahasiswa hukum dan para praktisi dalam memahami secara cepat kamus hukum dengan mudah membuka aplikasi android yang dapat dikatakan sudah banyak digunakan oleh khalayak umum. Versi 1.0 ini masih perlu pengembangan yakni membuat seperti perintah suara, dengan cara menyebut kata yang diminta, maka aplikasi langsung mencari istilah yang dimaksud. Namun pada aplikasi versi 1.0 baru membantu masyarakat umum, belum membantu masyarakat disabilitas. Salah satunya disabilitas pada tunanetra. Kekurangan fisik bagi segelintir orang seperti penyandang tunanetra tentu tidak dapat sepenuhnya menggunakan aplikasi android, perlu bantuan perintah suara agar dapat mencari data yang ada di kamus hukum versi 2.0 yang akan dibangun dari proses pengembangan kamus hukum atau legal dictionary versi 1.0. Versi 1.0 ini masih perlu pengembangan yakni membuat seperti perintah suara, dengan cara menyebut kata yang diminta, maka aplikasi langsung mencari yang dimaksud. Tujuan penelitian saat ini adalah: membantu Masyarakat, mahasiswa dan praktisi hukum yang memiliki keterbatasan/kekurangan fisik penglihatan, dapat menggunakan aplikasi android dengan bantuan perintah suara. Metodologi yang digunakan pada penelitian saat ini adalah: metode pengembangan aplikasi. Hasil dari penelitian diantaranya: Pengujian dilakukan dibeberapa device yang berbeda untuk mengetahui apakah aplikasi dapat berfungsi dengan baik dibeberapa device yang berbeda spesifikasi. Berdasarkan hasil tersebut device dapat menampilkan hasil baik saat kondisi di dalam ruangan tidak banyak noise ataupun kondisi di luar ruangan banyak noise. Maka hasil penelitian kamus hukum versi 2.0 ini dapat digunakan oleh disabilitas pada tunanetra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. N. Muthmainnah, “PEMAHAMAN SISWA TUNANETRA (BUTA TOTAL SEJAK LAHIR DAN SEJAK WAKTU TERTENTU) TERHADAP BANGUN DATAR SEGITIGA,” J. Pendidik. Mat. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 15–27, 2015.
[2] S. Muharomah, “PENGGUNAAN BAHASA PADA ANAK TUNANETRA: (Pengamatan terhadap Anak Tunanetra melalui Proses Penalaran dalam Kegiatan Tari di Panti Sosial Bina Netra Cahaya Bathin),” DEIKSIS, vol. 8, no. 2, pp. 135–146, 2016.
[3] E. Rahayu, Riri; Murni, Irda; Efrina, “PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK TUNANETRA LOW VISION (Deskriptif Kualitatif di SMAN 3 Padang),” JUPPEKhu, vol. 3, no. 3, pp. 1–15, 2014.
[4] Sulthon, “POLA KEBERAGAMAAN KAUM TUNA NETRA DAN DAMPAK PSIKOLOGIS TERHADAP PENERIMAAN DIRI,” QUALITY, vol. 4, no. 1, pp. 45–68, 2016.
[5] R. T. A. Ekawati, Nia; Bhakti, “Legal Dictionary Menggunakan Aplikasi Android,” IT J. Res. Dev., vol. 3, no. 1, pp. 85–93, 2018.
[6] E. Maiyana, “PEMANFAATAN ANDROID DALAM PERANCANGAN APLIKASI KUMPULAN DOA,” J. SAINS DAN Inform. Res. Sci. Inform., vol. 4, no. 11, pp. 54–67, 2018.
[7] U. L. Hastomo, Fanji; Yuhana, “Perancangan dan Pembuatan Perangkat Lunak Aplikasi Android untuk Pengolahan Data Transaksi pada Perusahaan Telekomunikasi ‘X’ dengan menggunakan Pentaho,” J. Tek. POMITS, vol. 2, no. 1, pp. 77–82, 2013.
[8] S. Andriyani, “APLIKASI AKADEMIK ONLINE BERBASIS MOBILE ANDROID PADA UNIVERSITAS TAMA JAGAKARSA,” J. Sains dan Teknol. Utama, vol. XI, no. 1, pp. 15–26, 2016.
[9] M. SIMATUPANG, Julianto; MUHAMMAD, “Sistem Aplikasi Pengelolaan Tugas Akhir Berbasis Mobile,” IT J. Res. Dev., vol. 3, no. 2, pp. 66–75, 2019.
[10] A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Offset, 2010.
Published
2019-12-21
How to Cite
Ekawati, N., & Bhakti, R. T. A. (2019). Aplikasi Android Kamus Hukum Versi 2.0 Dengan Bantuan Perintah Suara. IT Journal Research and Development, 4(2). https://doi.org/10.25299/itjrd.2020.vol4(2).3769
Section
Articles
Abstract viewed = 64 times
DOWNLOAD PDF downloaded = 24 times