Sistem Aplikasi Absensi Menggunakan Teknologi Barcode Scanner Berbasis Android

Authors

  • Fitri Ayu AMIK Mahaputra Riau
  • Ari Mustofa Program Studi Manajemen Informatika, AMIK Mahaputra Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2020.vol4(2).3642

Keywords:

Absensi, Android, Aplikasi, Barcode, Scanner

Abstract

Absensi merupakan salah satu instrument yang sangat penting dalam penyelenggaraan perkuliahan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengawasan yang baik mengenai absensi kehadiran mahasiswa, absensi dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur seorang mahasiswa terhadap antusias keikutsertaanya dalam perkuliahan. Penyelenggaraan Pendidikan pada Kampus Amik Mahaputra Riau juga menerapkan sistem absensi pada jadwal perkuliahan, dimana absensi mahasiswa masih menggunakan metode tanda tangan pada lembaran absen yang dibagikan pada setiap perkuliahan. Kelemahan dalam penerapan absensi dengan metode manual ini sering terjadi kecurangan titip absen, mahasiswa yang lupa mengisi absen sehingga terjadi kesalahan, serta tidak efisien karena butuh waktu lama dalam perekapan data dari absensi manual. Aplikasi Absen dengan Barcode merupakan solusi yang memanfaatkan Teknologi Informasi Mobile yang mampu menangani permasalahan selama proses absensi dan dapat mengakomodir proses perekaman data absensi, sehingga proses rekapitulasi dapat dilakukan lebih cepat dan akurat. Proses absensi dapat dilakukan dengan menscan kode Barcode yang telah dipersiapkan oleh Admin dalam hal ini BAAK, dalam bentuk card  menggunakan aplikasi yang telah diinstal pada smartphone, selanjutnya mahasiswa akan menscan Barcode menggunakan Aplikasi absensi yang di instal pada Smartphone, kemudian data absensi dikirimkan ke database. Penerapkan absensi menggunakan barcode scanner berbasis android menjadi solusi dalam pemecahan masalah pengelolaan data absensi dan memiliki keunggulan dapat melakukan pengambilan absensi dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga monitoring pelaksanaan dan pengelolaan absensi dapat dilakukan secara praktis dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin, “Types of Barcodes”, 2D Barcodes, Tersedia: https://barcode-labels.com/getting-started/barcodes/types/ [Diakses 6 November 2019].

Sumit Tiwari, “An Introduction to QR Code Technology”, 2016 International Conference on Information Technology (ICIT).

S. Noor, Norliza Z “Android-Based Attendance Management System”, in 2015 IEEE Conference on Systems, Process and Control (ICSPC 2015).

A. Sangiovanni-Vincentelli and G. Martin, “Platform-based design and software design methodology for embedded systems”, IEEE Design & Test of Computers, vol. 18, no. 6, pp. 23–33, November-December 2001

Brahler S. Analysis of the android architecture[J]. Karlsruhe institute for technology, 2010

Developers A. What is Android[J]. 2011

Dody, Jayadi & Wahyu. 2011, “Analisa dan Perancangan Aplikasi Wisata dengan Menggunakan Teknologi QR Code pada Platform Android”, Binus University, Jakarta.

I. Made. Dharma S, “Sistem Absensi Mahasiswa Menggunakan Metode Barcode Berbasis Android”, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Jatim, 2013.

M. A. Hidayat, and H. M. Simalango, “Students Attendance System and Notification of College Subject Schedule Based on Classroom Using IBEACON,” in 2018 3rd International Conference on Information Technology, ICITISEE 2018, 2018.

Pallavi Vermal Namit Gupta2, “Fingerprint Based Student Attandande System Using GSM”, in Internasional Journal of Science and Researce, 2016.

S. B. Utomo, B. Hendradjaya, "Mutifactor Authentication on Mobile Secure Attendance System", in 2018 International Conference on ICT for Smart Society (ICISS).

S. Kardy and M. Smaili, "Wireless Attendance Management System based On Iris Recognition", in Scientific Research and Essays, Vol. 5(12), 18 June 2010, pp. 1428-1435

"Visual QR Code Generator ," Available at http://www.visualead.com/.

You Zhang, Gelin Su, & Weiming Zheng. (2010). Converting legacy desktop application into on-demand personalized software. IEEE Transactions on Services Computing, 3(4), 306-321.

Yeol Song, & Froehlich, K. (1995). Entity-relationship modeling. IEEE Potentials, 13(5), 29-34.

Downloads

Published

2019-12-21

How to Cite

Ayu, F., & Mustofa, A. (2019). Sistem Aplikasi Absensi Menggunakan Teknologi Barcode Scanner Berbasis Android. IT Journal Research and Development, 4(2). https://doi.org/10.25299/itjrd.2020.vol4(2).3642

Issue

Section

Articles