Mesin Penerjemah Interaktif Dengan Animasi 3D Berbasis Augmented Reality

Authors

  • Arbi Haza Nasution Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau
  • Yoze Rizki Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammdiyah
  • Salhazan Nasution Teknik Informatika Universitas Riau
  • Rafi Muhammad

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol4(1).3439

Keywords:

Mesin Penerjemah, Augmented Reality, Chatbot

Abstract

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi universal, karenanya tanpa kemampuan bahasa Inggris seorang akan mengalami kesulitan berkomunikasi secara baik dan benar pada ruang lingkup internasional. Penelitian ini mengembangkan aplikasi mesin penerjemah berbasis augmented reality yang dapat memberikan edukasi kepada siswa dengan media yang berbeda agar meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Aplikasi ini menggunakan library vuforia sdk yang mampu menampilkan karakter 3 dimensi dengan teknik markerless dalam bentuk augmented reality. Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone dengan sistem operasi android, berdasar hasil pengujian terhadap aplikasi didapat kesimpulan bahwa aplikasi ini dapat menampilkan karakter 3 dimensi pada cahaya yang redup dengan intensitas cahaya 28 lux pada jarak 10cm-60 cm dan sudut penglihatan 10°-90°,  setelah dilakukan peninjauan terhadap aplikasi 99% koresponden menyatakan aplikasi ini baik, maka aplikasi ini dapat membantu siswa mempelajari kembali bahasa Inggris selain disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewantara, I Made Adi Yoga., dkk, 2014, Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), Augmented Reality Book Pengenalan Gerakan Dasar Tari Bali, vol 3

Dikdok., 2017, Naikan Kemampuan Google Translate Hadirkan Neural Machine Translation Untuk Banyak Bahasa, Jurnal Apps, https://jurnalapps.co.id/naikkan-kemampuan-google-translate-hadirkan-neural-machine-translation-untuk-banyak-bahasa-11334,12 Desember 2018

Hansel Tanu wijaya., 2009, Penerjemahan Dokumen Inggris-Indonesia Menggunakan Mesin Penerjemah Statistik Dengan Word Reordering Dan Phrase Reordering, Skripsi, Fasilkom UI, Depok.

Ilham Efendi., 2014, Pengertian Augmented Reality(AR), IT Jurnal, https://www.it-jurnal.com/pengertian-augmented-realityar/, 17 April 2017

Ishida, Toru., Murakami, Yohei., Lin, Donghui., Nakaguchi, Takao dan Otani, Masayuki., 2018, Language Service Infrastructure on the Web: The Language Grid, InstituteofElectricalandElectronicsEngineers, Vol.51

Kurniawan, Didik., Irawati, Anie Rose., dan Yuliyanto, Ardi., 2014, Implementasi Teknologi Markerless Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pengenalan Gedung-Gedung di Fmipa Universitas Lampung, Jurnal Koputasi, Vol.2

Mariani., Tolle, Herman., dan Ananta, Mahardeka Tri., 2017, Pengembangan Aplikasi Respon Sms Dan Panggilan Telepon Menggunakan Android Text To Speech Dan Proximity Sensor Bagi Pengemudi Mobil, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Vol.1

Maulida, Hidya., 2017, Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Translate Sebagai Media Menerjemahkan Materi Berbahasa Inggris, Jurnal Saintekom, Vol.7

Nasution, Arbi Haza., Murakami, Yohei., dan Ishida, Toru., 2017, A Generalized Constraint Approach to Bilingual Dictionary Induction for Low-Resource Language Families, ACM Trans. Asian Low-Resour. Lang. Inf. Process, Vol.17

Nasution, Arbi Haza., Safitri, Nesi., Setiawan, Panji Rachmat., dan Suryani, des., 2017, Pivot-Based Hybrid Machine Translation to Support Multilingual Communication, Department of Information Technology, Vol.22

Nasution, Arbi Haza., 2018, Pivot-Based Hybrid Machine Translation To Support Multilingual Communication For Closely Related Languages, World Transactionson Engineering and Technology Education, Vol.16

Nugroho, Adi., 2005, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

Pamoedji, Andre Kurniawan., Maryuni., dan Sanjaya, Ridwan., 2017, Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D, Kompas Gramedia

Pangestika, Galih Vidia., Wikusna, Wawa., Hermansyah, Aris., 2017, Aplikasi Pembelajaran Bahasa InggrisUntuk Murid Sekolah Dasar Berbasis Android, e-Proceeding Of Applied Science, Vol.3

Saputra, Yoga Aprillion., 2014, Implementasi Augmented Reality (Ar) Pada FosilPurbakala Di Museum Geologi Bandung, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, Vol.1

Yamin, Muhammad., 2017, Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Ditingkat Dasar, Jurnal Pesona Dasar, vol.1

Downloads

Published

2019-08-05

How to Cite

Nasution, A. H., Rizki, Y., Nasution, S., & Muhammad, R. (2019). Mesin Penerjemah Interaktif Dengan Animasi 3D Berbasis Augmented Reality. IT Journal Research and Development, 4(1), 28–39. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol4(1).3439

Issue

Section

Articles