Pembangunan Website E-CRM (Electronics Customer Relationship Management) pada House Of Smith Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol3(2).1893Keywords:
Customer Relationship Management, E-CRM, WebsiteAbstract
CRM (Customer Relationship Management) merupakan cara untuk pengelolaan relasi antara sebuah perusahaan didalam konsumsi produk atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut. Berkembangnya teknologi, metode CRM pun mulai dikembangkan menjadi Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Banyaknya varian produk yang ditawarkan oleh House of Smith dapat dimanfaatkan sebagai strategi unggulan dalam menjaga loyalitas pelanggan. Perancangan aplikasi E-CRM pada House of Smith adalah membantu perusahaan mengetahui kebutuhan pelanggan secara personal serta mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan karakter konsumen dan memberikan informasi yang dibutuhkan, sehingga perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan pelanggan baru. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara langsung ke House of Smith. Hasil dari analisa dan perancangan aplikasi E-CRM berbasis web ini adalah membantu House of Smith untuk memenuhi kebutuhan pelanggan guna meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga tetap menjadi pelanggan setia. Aplikasi E-CRM ini merupakan alat interaksi yang menciptakan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan menjadi lebih baik
Downloads
References
Nelly, Hudiarto, and R. Yudhika, “Perancangan E-Customer Relationship Management Pada PT Starsindo Logistics,” ComTech, vol. 1, no. 2, pp. 449–460, 2010.
I. G. So, “Analisis Perancangan Customer Relationship Management Berbasis Web Pada Pt Asp Jakarta Pendahuluan Latar Belakang Perumusan Masalah Tinjauan Teoritis,” BINUS Bus. Rev., vol. 2, no. 1, pp. 100–114, 2011.
K. Tsiptsis and A. Chorianopoulos, “Data Mining Techniques in CRM: Inside Customer Segmentation,” in 1, 2009, p. 373.
D. Nia, Kumaladewi., “Rancang Bangun Sistem Informasi Customer Relationship Management ( CRM ) Airport Special Assistance,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf. 2013, 2013.
M. Rifai, A. Rosidi, and S. a Syahdan, “Relationship Management ) Pada Showroom Pt . Tropica Nucifera Industry Yogyakarta,” J. Ilm. SISFOTENIKA, vol. 5, no. 1, pp. 1–12, 2015.
P. Soepomo, M. Utam, and T. Yogyakarta, “Pembuatan Model Crm ( Customer Relationship Management ) Di PT . Mandar Utama Tiga Yogyakarta Dengan Metode Operational , Analytical Dan,” vol. 3, pp. 49–59, 2015.
D. Bhardwaj, “Building Data Mining Application for Customer Relationship Management,” vol. 3, no. 1, pp. 33–37.
V. R. Hananto, A. D. Churniawan, and A. P. Wardhanie, “Perancangan Analytical CRM untuk Mendukung Segmentasi Pelanggan di Institusi Pendidikan,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 11, no. 1, pp. 79–88, 2017.
F. Buttle, “Customer Relationship Management: Concepts and Technologies,” in 2, 2009, p. 523.
D. C. and P. Smith, Emarketing Excellence: Planning and optimizing your digital marketing. 2013.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This is an open access journal which means that all content is freely available without charge to the user or his/her institution. The copyright in the text of individual articles (including research articles, opinion articles, and abstracts) is the property of their respective authors, subject to a Creative Commons CC-BY-SA licence granted to all others. ITJRD allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allows the author to retain publishing rights without restrictions.