Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII.8 SMP Negeri 25 Pekanbaru

Authors

  • nur evi lina universitas islam riau
  • Agus Dahlia Universitas Islam Riau
  • Agus Dahlia Universitas Islam Riau

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Model NHT, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII.8 SMP Negeri 25 Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Haeds Together  (NHT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.8 SMP Negeri 25 Pekanbaru tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 39 orang dengan karateristik dan kemampuan akdemik yang heterogen. Bentuk penelitian yang digunakan merupakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi antara guru dan peneliti, tindakan terdiri dari dua siklus.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh siswa yang tuntas mengalami peningkatan dari skor dasar (14 siswa), ulangan harian I (18 siswa), dan ulangan harian II (23 siswa).Rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari skor dasar (35,89), ulangan harian I (46,38), dan ulangan harian II (58,97). Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran (NHT) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII.8 SMP Negeri 25 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-11

Issue

Section

Articles