Student Facilitator and Explaining (SFE) Model: Suatu Tindakan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Minas

Authors

  • lisnawati lisnawati lisnawati universitas islam riau

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Model SFE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Minas. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment (Eksperimen Semu) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi enelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Minas yang berjumlah 48 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi berupa video dan foto. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal ini, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SFE terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Minas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-27

Issue

Section

Articles